Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Orangtua Bermedia Sosial Dapat Mengungkapkan Gaya Pengasuhan

Kompas.com - 13/07/2022, 18:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orangtua pasti memiliki gaya pengasuhannya sendiri yang paling cocok untuk diterapkan pada keluarga mereka.

Tidak ada satu gaya pengasuhan yang bisa pas untuk semua orang karena setiap keluarga memiliki anak dan lingkungan yang berbeda-beda.

Jadi, banyak orangtua akan mengikuti apa yang cocok untuk mereka dan cenderung tidak peduli dengan apa yang dikatakan orang lain.

Nah, baru-baru ini, sebuah studi menemukan bahwa kebiasaan orangtua dalam menggunakan media sosial ternyata dapat memprediksi gaya pengasuhan mereka.

Menurut Audacy, studi yang dilakukan oleh University of Central Florida tersebut menunjukkan bagaimana kebiasaan orangtua dalam menggunakan media sosial memberi tahu banyak tentang karakteristik mereka yang sebenarnya.

Dalam studi tersebut, para peneliti mensurvei 493 orangtua yang merupakan pengguna media sosial reguler dan yang memiliki anak di bawah usia 10 tahun.

Baca juga: Jangan Sembarangan Unggah Foto Anak di Media Sosial

Hasil studi

Hasil yang ditemukan adalah bahwa orangtua yang sering memposting foto anak-anak mereka di media sosial cenderung menjadi orangtua yang lebih "seperti teman" dibandingkan dengan mereka yang tidak membagikan banyak gambar anak-anak mereka secara online.

Orangtua yang aktif di media sosial juga lebih permisif, percaya diri, dan mereka biasanya membiarkan anak-anak mereka menggunakan media sosial di usia yang lebih muda.

Namun, para peneliti menganggap ini dapat mengkhawatirkan karena orangtua cenderung tidak bertanya kepada anak-anak mereka sebelum memposting foto secara online yang sebenarnya menyangkut privasi anak-anak.

Para ahli pun menyatakan bahwa boleh saja berbagi foto dengan anggota keluarga supaya mereka tetap terhubung dan up-to-date, tetapi orangtua benar-benar harus memastikan mereka berhati-hati tentang apa yang mereka bagikan dan dengan siapa.

Baca juga: Jangan Sembarangan Unggah Foto Anak di Media Sosial

Tujuan studi

Ada pun salah satu tujuan studi ini adalah untuk melihat apa yang oleh orangtua dianggap ranah pribadi ketika membagikan informasi anak-anak mereka.

Ini juga berarti bahwa orangtua yang tidak banyak membagikan foto anak-anak mereka di media sosial mungkin memiliki gaya pengasuhan yang lebih otoriter.

Mereka juga lebih mungkin menjauhkan anak-anak dari media sosial ketika masih kecil atau tidak membiarkan mereka menggunakannya sendiri.

Untuk memperkuat hasil survei, orangtua juga ditanya seberapa sering mereka berbagi foto dan perilaku anak-anak secara online, serta bagaimana orangtua membuat keputusan untuk memposting secara online.

Baca juga: Unggah Foto Anak di Media Sosial Juga Ada Rambunya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com