Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analisis Jerawat Kini Bisa Pakai Smartphone, Mau?

Kompas.com - 15/07/2022, 15:44 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerawat merupakan permasalahan kulit yang banyak dialami oleh  masyarakat di seluruh dunia.

Bagi banyak remaja dan orang dewasa, masalah kulit berjerawat ini juga bisa menjadi beban yang memengaruhi kepercayaan diri dan kualitas hidup sehari-hari.

"Meskipun terbilang sebagai masalah kulit yang paling umum, jerawat sering kali ditangani dengan cara yang kurang tepat."

Demikian penuturan dermato venereologist, Dr Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, FAADV, saat acara DermLive by La Roche Posay di Lucy in the Sky SCBD, Jakarta, Rabu (13/7/2022).

"Maka, langkah yang paling penting adalah analisis kulit yang akurat untuk diagnosis jerawat yang tepat, sehingga terapinya pun dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan jerawat," terangnya.

Baca juga: Ingat Lagi Cara Mencegah Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Analisis jerawat melalui smartphone

Nah, untuk membantu meningkatkan kualitas hidup orang yang memiliki permasalahan jerawat, La Roche Posay pun memperkenalkan effaclar spotscan.

Ini adalah teknologi berbasis advanced artificial intelligence yang dikembangkan bersama dermatolog dengan tingkat akurasi profesional untuk memberikan analisis dan membantu konsumen mengetahui masalah jerawat yang dialaminya.

La Roche-Posay International Digital Services & Innovation Projects Manager, Pavel Tyutyaev, juga mengungkapkan La Roche Posay bekerjasama dengan dermatolog untuk menganalisis lebih dari 7.000 sampel foto dari berbagai tipe kulit dan tingkat keparahan jerawat yang berbeda.

Tingkat akurasi effaclar spotscan bahkan telah divalidasi melalui clinical study dengan 87 persen akurasi untuk jerawat meradang, 72 persen noda bekas jerawat, dan 61 persen komedo.

Baca juga: Ekstrak Biji Anggur dalam Caudalie Vinopure, Solusi untuk Jerawat

"Teknologi ini memberikan konsumen informasi yang mereka butuhkan, bagaimana mengatasi dan mencegahnya, serta rekomendasi yang dipersonalisasi sebagai alat yang tepat untuk analisis awal tingkat keparahan jerawat," kata dia.

Effaclar spotscan menggunakan evaluasi GEA (Global Evaluation of Acne) yaitu skala evaluasi global yang digunakan oleh dermatolog di dunia untuk mengukur tingkat keparahan jerawat, jumlah komedo, jerawat meradang, dan noda bekas jerawat.

Kita pun bisa mengaksesnya secara gratis melalui website La Roche Posay Indonesia dengan menggunakan perangkat smartphone iOS ataupun Android.

Proses analisis ini hanya memakan waktu beberapa menit dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Ambil tiga selfie (foto wajah) yaitu tampak depan, samping kanan dan samping kiri. Kemudian, effaclar spotscan akan menganalisis dan menentukan tingkat kondisi kulit berjerawat (GEA) 0-5.

Effaclar spotscan akan memberi tahu kita untuk berkonsultasi dengan dermatolog jika nilai GEA sama dengan atau lebih dari 2 (GEA)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com