Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suguhan Tenun Ikat dalam Rancangan Busana Modern Oscar Lawalata

Kompas.com - 17/07/2022, 11:44 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyadari keindahan tenun ikat yang menjadi salah satu bagian dari kekayaan wastra Tanah Air.

Asha Smara Darra atau yang dulu akrab disapa Oscar Lawalata menyuguhkan tenun ikat dalam rancangan busana modern di trunk show bertajuk "Ikat, Suara dari Timur."

"Fokusnya tenun ikat Nusantara. Motifnya diambil campuran dari NTT dan Bali, tapi dikombinasikan dengan konsep kontemporer, makanya kami namakan ikat Nusantara," kata Asha di peresmian wajah baru Sarinah, Kamis, (14/7/2022).

Pemilihan tema tenun ikat yang ditampilkan, menurut Asha, sejalan dengan gagasan kain tenun yang tengah diupayakan menjadi salah satu kekayaan tak benda dari Indonesia di UNESCO.

"Jadi nggak hanya batik dan kebaya, tenun sudah didaftarkan dan kami ingin membuat tenun semakin populer juga," katanya.

Bertempat di bawah langit senja Skydeck, lantai 3 Sarinah, Asha dan tim Sarinah menampilkan 50 busana ready to wear khusus perempuan yang sudah dipersiapkan selama enam bulan.

Ke-50 busana tersebut diperagakan oleh model yang tak biasa, seperti para wanita yang tergabung dalam komunitas pencinta kain Indonesia, Srikandi BUMN hingga 40 model profesional.

Mereka berjalan di runaway karpet merah dan terbagi dalam tiga sequence dengan look yang berbeda.

Di sequence pertama, para perempuan pencinta kain Indonesia menampilkan busana dengan look yang trendi.

Beberapa di antaranya mengenakan atasan tenun dengan warna-warna kalem seperti biru, coklat, hijau dan abu-abu.

Sementara di sequence kedua, para Srikandi BUMN menampilkan busana yang agak formal dan sepertinya cocok untuk dikenakan bagi wanita karier.

Peragaan busana Asha Smara Darra di Sarinah, Thamrin., Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Peragaan busana Asha Smara Darra di Sarinah, Thamrin., Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Sejumlah tampilan yang disuguhkan dilengkapi dengan outer, celana panjang, rok yang cukup mudah dikombinasikan dengan item fesyen lain bahkan dengan hijab sekalipun.

Lalu sequence terakhir koleksi busananya tampil lebih chiq yang diperagakan para model profesional yang dikombinasikan look dan make up yang kekinian.

"Kombinasi tenun ikat yang dihadirkan itu berupa dress, outer, atasan, blouse sampai celana panjang."

"Busananya sengaja di desain sedemikian rupa untuk masyarakat luas agar lebih mudah di mix and match untuk digunakan sehari-hari," lanjut Asha.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com