Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Superfood yang Mendukung Performa Para Bintang Sepak Bola, Apa Itu?

Kompas.com - 18/07/2022, 10:00 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bintang sepak bola papan atas semacam Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, atau Karim Benzema tentu mempunyai kiat khusus dalam menjaga performa permainan mereka di lapangan hijau.

Di samping mengikuti jadwal latihan yang ketat dan istirahat cukup, mereka juga harus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi superfood yang kaya nutrisi.

Makanan yang tergolong superfood adalah sayuran berdaun hijau, telur, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian, hingga yogurt.

Menariknya, ada menu superfood yang menjadi rahasia kesuksesan Ronaldo, Messi, atau Benzema yang tidak disebut dalam daftar di atas, yaitu seaweed alias rumput laut.

Seperti dikutip publikasi Spanyol Mundo Deportivo, ketiga pemain ini selalu memastikan algae atau ganggang hadir dalam menu diet mereka.

Algae merupakan ganggang yang tumbuh di lingkungan air seperti air laut atau air tawar. Sebaliknya, rumput laut (seaweed) hanya ditemukan di laut.

Kendati jarang "dilirik" sebagai makanan sehat, rumput laut mengandung beragam nutrisi penting.

Ilustrasi rumput laut yang digunakan untuk membalut onigiriDok. Pexels/ Sarah Chai Ilustrasi rumput laut yang digunakan untuk membalut onigiri
Koki asal Spanyol, Alberto Mastromatteo menjelaskan manfaat dari rumput laut.

"Rumput laut mengandung nilai gizi yang besar karena dengan jumlah kecil kita mendapatkan banyak protein nabati, yang disintesis tubuh lebih baik daripada protein hewani," katanya.

"Saya sangat percaya pada kekuatan nutrisi mikroalga yang luar biasa, sebagai sumber asam lemak tak jenuh ganda omega-3 dan lipid sehat lainnya, vitamin, karotenoid, antioksidan, dan lain-lain."

"Itu sebabnya, saya sering memasukkan spirulina dan chlorella di semua hidangan saya," lanjutnya.

Spirulina adalah tanaman ganggang berwarna hijau-kebiruan yang tumbuh baik di air laut maupun air tawar, sementara chlorella merupakan ganggang hijau bersel tunggal yang hanya tumbuh di air tawar.

Sebagaimana dilaporkan Healthline, dalam satu sendok makan spirulina (sekitar 7 gram), terdapat protein 4 gram dan lemak sekitar 1 gram, termasuk asam lemak omega-6 dan omega-3.

Kandungan protein dalam spirulina mungkin sangat sedikit karena hanya 4 gram, namun protein tersebut menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hampir sama seperti spirulina, chlorella juga merupakan sumber protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial.

Chlorella bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan aerobik, serta meningkatkan kesehatan jantung dan ginjal.

Baik rumput laut, spirulina maupun chlorella tersaji dalam berbagai bentuk.

Sebagai contoh, rumput laut seringkali dijadikan camilan cepat saji.

Sementara itu spirulina dan chlorella dikemas sebagai suplemen dalam bentuk bubuk, kapsul, tablet atau ekstrak.

Baca juga: Mengenal Manfaat di Balik Kebiasaan Makan Rumput Laut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com