Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencuci dan Menyimpan Kentang agar Bersih dan Tahan Lama

Kompas.com - 20/07/2022, 10:02 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hampir semua orang menyarankan agar semua buah dan sayuran dicuci hingga bersih sebelum dikonsumsi guna memastikannya aman dimakan.

Begitu pula dengan kentang.

Kentang ada dalam kategori ‘ditanam,’ sehingga perlu dicuci bersih sebelum dimasak,” ujar mantan chef dan pendiri dari San Diego Markets dan The Farmers Market Pros, Catt Fields White.

Menurut Fields White, selain hadirnya bakteri baik dan buruk, kentang juga memiliki pestisida di dalamnya, yang tentu harus dihilangkan.

Sementara itu, menurut Centers for Disease Control and Prevention, setidaknya kentang harus dicuci dengan air sebelum diiris untuk dimasak.

Lalu karena kentang cukup keras, gunakan sikat bersih untuk menggosoknya.

Kendati demikian, kita tidak bisa menggunakan sabun, pemutih, desinfektan, atau bahan kimia untuk membersihkannya. Pasalnya, menggunakan zat yang tidak aman untuk makanan seperti itu dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Fields White pun merekomendasikan agar kita merendam kentang dalam air dingin terlebih dahulu sebelum membersihkannya untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

“Sama seperti merendam piring yang berisi makanan kering, proses ini bisa meluruhkan kotoran, sehingga mudah menggosoknya,” katanya.

Baca juga: Menyimpan Kentang agar Lebih Tahan Lama, Begini Caranya

Adapun soal tahapan mencuci kentang yang rinci, berikut tahapannya:

Pertama, rendam kentang dalam air dingin sampai kotoran lepas untuk membuat pembersihan lebih mudah, terutama pada kentang berkulit lebih tebal, seperti kentang Russet, atau yang ditanam di tanah berbasis tanah liat.

Setelah kotoran terlepas, keluarkan kentang dari air dan gosok perlahan satu per satu menggunakan sikat atau sabut gosok lembut yang hanya digunakan untuk membersihkan sayuran.

Namun perlu diingat, kulit kentang bisa lebih mudah sobek jika kentang lebih berlilin. Karena itu, saat mencuci kentang berlilin seperti baby potato atau french fingerling, gunakan tangan, bukan sikat.

Setelah itu, bilas kentang satu per satu untuk membersihkannya dari kotoran yang tersisa.

Terakhir, jika kentang akan dikupas, Fields-White menyarankan untuk membersihkannya dengan proses yang sama dengan tahapan di atas, sebelum tersentuh oleh pisau atau pengupas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com