Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Langkah Penerimaan Diri, Kunci Kecantikan yang Terpancar Nyata

Kompas.com - 20/07/2022, 17:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Apa yang membuat seorang perempuan terlihat cantik? Apakah dari penampilan fisiknya saja, seperti berkulit terang, berambut panjang, dan berwajah mulus, atau kepribadiannya?

Dilihat dari survei ZAP Beauty Index 2021 oleh ZAP Clinic dan MarkPlus Inc, mayoritas perempuan Indonesia menganggap kecantikan adalah ketika mempunyai tubuh yang sehat dan bugar, wajah yang bersih dan mulus, serta percaya diri.

Masih dalam survei yang sama, 56 persen responden menilai cantik adalah ketika merasa bahagia dan 48,9 persen responden menilai cantik adalah ketika perempuan mampu berpikir positif.

Sivia Azizah, seorang artis, penyanyi, dan penulis lagu kenamaan Indonesia, juga turut mendefinisikan kecantikan versinya.

Menurutnya, kecantikan adalah ketika seorang perempuan bisa menerima dan menjadi dirinya sendiri dengan utuh, seperti yang ia katakan dalam siniar (podcast) Semua Bisa Cantik episode “Kecantikan Terpancar Melalui Kamu” diSpotify.

“Kamu harus beneran just be you, karena kalau memang being real, kamu akan memancarkan kecantikan dalam diri lewat penampilanmu,” tutur Sivia.

Lantas, jika memang benar demikian, bagaimana caranya agar bisa menerima dan menjadi diri sendiri?

Karyl McBride, seorang penulis buku dan psikoterapis dari Psychology Today, punya kiat-kiatnya. Berikut adalah yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Bentuk Wajah Ideal di Mata Dokter Kecantikan, Seperti Apa?

1. Berkomitmen untuk Menerima Diri Sendiri

Menurut Karyl, tahap pertama yang harus dilakukan dalam penerimaan diri adalah berkomitmen untuk melakukannya.

Untuk dapat memulai tahap ini, kita harus memerhatikan cara menanggapi, merespons, dan menyalahkan diri sendiri.

Cobalah untuk bermeditasi atau membuat jurnal agar lebih dapat memetakan hal tersebut.

Apabila sudah berusaha melakukan semuanya, maka kita harus bisa berkomitmen untuk terus menjalankannya.

2. Mengenali dan Mengatasi Trauma Masa Lalu

American Psychological Association mendefinisikan trauma sebagai respons emosional terhadap peristiwa mengerikan, seperti kecelakaan, perundungan, atau kekerasan seksual.

Reaksi dari trauma ini bisa terjadi dalam jangka panjang. Misalnya, luapan emosi yang tak terduga, sakit kepala, syok, atau bahkan gangguan mental lainnya. Oleh karena itu, meskipun trauma adalah hal yang normal, beberapa orang kesulitan untuk melanjutkan hidup mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com