Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2022, 16:19 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Mencari satu standar kecantikan bagi perempuan Indonesia merupakan hal yang mustahil, mengingat ada ribuan suku bangsa di nusantara yang menghasilkan warna kulit, jenis rambut, hingga fitur wajah yang sangat beragam.

Semakin maraknya gerakan untuk mencintai diri, embrace yourself, pelan-pelan memang menggeser standar cantik yang usang, seperti kulit putih, hidung mancung, dan langsing.

"Kecantikan perempuan Indonesia itu unik, sangat berbeda-beda, dan tidak ada satu standar," kata dokter Olivia Aldisa, praktisi estetika di Jakarta, dalam sebuah wawancara.

Perempuan Jawa tentu memiliki kecantikan yang berbeda dengan perempuan dari Lombok, Minang, atau pun Papua. Namun, masing-masing memiliki karakter kecantikan sendiri.

Baca juga: Sejarah Perbedaan Standar Kecantikan Dunia dan Faktorn

Sebagai dokter yang sudah menangani ribuan pasien dari berbagai suku di Indonesia, Aldisa memahami bahwa fitur dan karakteristik wajah orang unik, sehingga tidak bisa disamaratakan.

Ia menyayangkan bahwa standar cantik perempuan Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya negara lain, mulai dari era kolonial, hingga sekarang ini Korea Selatan.

"Hasilnya, banyak perempuan Indonesia, terutama yang muda-muda, ingin terlihat seperti bintang-bintang Korea, yaitu kulit super putih, muka tirus, dan hidung mancung," ujarnya.

Padahal, menurutnya belum tentu jika dagu kita dibuat lebih tirus, atau bibir ditambah tebal, akan cocok dengan fitur wajah kita.

"Karena terlalu mengidolakan artis-artis dari luar negeri, yang awalnya mengagumi bisa jadi insecure, bahkan obsesi, ingin sama seperti idolanya," kata co-founder klinik de Vie Medical Aesthetics Jakarta ini.

Baca juga: Rayakan Hari Kartini, Ini 5 Film tentang Perjuangan Perempuan Indonesia

Artis peran Tara Basro mengunggah foto dirinya yang polos tanpa riasan.Instagram Tara Basro Artis peran Tara Basro mengunggah foto dirinya yang polos tanpa riasan.

Kecantikan Indonesia

Jika kita menelusuri wajah artis atau penyanyi Indonesia, akan muncul sederet wajah cantik yang disebut "sangat Indonesia". Sebut saja aktris Maudy Ayunda, Tara Basro, Dian Sastro, hingga Prisia Nasution.

Meski memiliki paras yang rupawan, tetapi para bintang tersebut memiliki kecantikan yang berbeda.

Menurut Aldisa, jika ditarik benang merah, secara umum ada beberapa ciri kecantikan perempuan Indonesia, yakni:

1. Kulit bersih, sehat, dengan warna medium tone.
"Kulit orang Indonesia punya kelebihan tahan terhadap matahari, enggak gampang freckles jadi bersih," katanya.

2. Bentuk alis sesuai kepribadian

Baca juga: Memaknai Cantik Versi Asmara Abigail

3. Bentuk wawjah oval/hati dengan proporsi yang cukup. Bentuk wajah oval melambangkan feminine.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com