Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Predator Online, Ini Risiko Unggah Konten Anak di Media Sosial

Kompas.com - 27/07/2022, 10:05 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Foxnews

KOMPAS.com - Seorang TikTokers cilik berusia 3 tahun menginspirasi gerakan di media sosial untuk menghapus konten yang berkaitan dengan anak.

Gerakan tersebut kemudian diterapkan seorang pengguna TikTok lainnya bernama Makayla Musick, yang baru-baru ini mengumumkan bahwa dia akan berhenti memublikasi aktivitas sehari-hari yang dilakukan anaknya.

"Saya baru saja melihat unggahan di Tiktok dan benar-benar terkejut dengan ceritanya dan telah memutuskan bahwa saya perlu melindungi putri saya," katanya, seperti dilansir Foxnews.

TikTokers cilik dengan akun @wren.eleanor sebelumnya sukses mencuri perhatian warganet sampai memiliki 17 juta followers di media sosial berbasis video singkat itu.

Melalui akun yang dikendalikan oleh ibunya, Jacquelyn. Dia sering membagikan berbagai aktivitas keseharian yang dilakukan Wren seperti balita normal lainnya. Beberapa di antaranya pun terdapat konten bersponsor.

Setelah gerakan itu viral, Jacquelyn, sang ibu mulai menghapus beberapa konten yang berkaitan dengan Wren. Begitu pula pada ibu-ibu lain yang sering membagikan aktivitas anaknya di media sosial.

Itu semua karena ada rasa khawatir tentang kejahatan online yang mungkin bisa menerpa sang anak melalui fitur "simpan" yang tersedia di TikTok.

Baca juga: Menteri PPPA: Vonis Mati Abah Heni Harus Jadi Momok Bagi Predator Anak 

Fitur "simpan" di TikTok yang mengkhawatirkan

Ilustrasi TikTok, beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilanPIXABAY Ilustrasi TikTok, beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan

Seorang TikTokers dengan akun @hashtagfacts telah mencatat bahwa video Wren mengenakan kemeja oranye telah disimpan lebih dari 45.000 kali oleh pengguna TikTok lainnya.

Sebuah video Wren makan hotdog disimpan hampir 375.000 kali.

Dia juga menyoroti komentar yang meresahkan pada video Wren dan menunjukkan bahwa pencarian populer untuk Wren termasuk frasa seperti "hotdog Wren Eleanor" atau "Acar Wren Eleanor".

Itu berarti pengguna sering mencari video anak berusia tiga tahun yang makan hotdog atau acar. Pencarian populer serupa untuk Wren juga beberapa kali muncul di Google.

Mengingat fitur "simpan" di TikTok tersebut, dia berpikiran bahwa mungkin ada predator anak yang bisa dengan mudah mengakses video Wren.

Pelaku kejahatan itu pun dapat menyimpan atau membagikan ulang video Wren untuk tujuan tertentu yang sulit untuk dilacak.

Tersadar akan begitu banyak pengguna TikTok lain yang sangat mudah mengakses video artis TikTok itu, Musick pun mengambil tindakan untuk menghapus foto dan aktivitas anaknya, termasuk pada foto profil akunnya.

Halaman:
Sumber Foxnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com