Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Praktik Slow Living bersama Sejauh Mata Memandang, Mau?

Kompas.com - 27/07/2022, 19:13 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Jenama fesyen lokal, Sejauh Mata Memandang berupaya konsisten pada prinsip keberlanjutan yang diusungnya sejak awal.

Berbagai item yang dihasilkan merupakan bentuk slow fashion yang tetap menjaga lingkungan dan mengurangi sampah pada proses produksinya.

Chitra Subyakto, selaku pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang juga rutin berbagi ilmu serta berbagai tips dalam merawat Bumi dengan berbagai cara.

Termasuk ketika menghadirkan Sejauh Rumah Kita, tempat belajar slow living bersama sejumlah komunitas lokal di Yogyakarta, sejak 8 Juli lalu hingga 4 September mendatang.

Berlokasi di Rumah Simbah Studio, NG I / 1301 Jl Kp. Ngadiwinatan, Ngampilan, Yogyakarta 55261, Sejauh Rumah Kita menjadi tempat untuk berbagi ilmu dan praktik sustainability.

Misalnya kegiatan belajar bersama upcycle dan recycle bersama Chitra Subyakto yang dihadiri 30 peserta pada Sabtu, (16/07/2022) lalu.

Chitra berbagi cara untuk lebih bertanggung jawab terhadap barang-barang di sekitar kita, salah satunya pakaian, yang sering kali tidak dipedulikan dan berakhir menjadi sampah.

Baca juga: Debut di Artjog 2022, Sejauh Mata Memandang Singgung Isu Kepunahan

Ia memberikan sejumlah ide yang bisa diaplikasikan untuk agar pakaian lawas bisa dimanfaatkan kembali.

"Saya sendiri biasanya memanfaatkan kembali pakaian yang tidak terpakai menjadi kantong belanja, sarung bantal, atau mainan untuk binatang peliharan saya," katanya, dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Jika ada pakaian yang berlubang atau sobek namun masih layak pakai, saya biasanya menjahitnya kembali atau ditambal dengan kain perca untuk menambahkan aksen agar terlihat lebih menarik."

"Intinya, penting untuk kita selalu berusaha menjaga masa pakai dan daya guna pakaian kita agar lebih panjang dan tetap berputar”, jelasnyaa.

Salah satu kelas di Sejauh Rumah Kita dari Sejauh Mata Memandang yang berbagi tips mengkreasikan sisa limbah pakaianSTAGEDOC Salah satu kelas di Sejauh Rumah Kita dari Sejauh Mata Memandang yang berbagi tips mengkreasikan sisa limbah pakaian
Peserta juga diajak untuk praktik memanfaatkan kembali kaos yang tidak terpakai dengan mengubah fungsinya menjadi tas kain lipat. 

Ditambahkan kain perca sisa produksi Sejauh Mata Memandang yang dijahit di bagian luarnya sebagai kantong dan untuk menambahkan aksen unik.

Selain itu, ada juga kegiatan menggambar dan mewarnai “Sejauh Rumah Gajah” pada Sabtu (23/07/2022) lalu.

Selain membagikan ilmu keberlanjutan, kelas ini juga diselenggarakan dalam rangka Hari Anak Nasional dengan menghadirkan Cikgu Yustina (@justin_Ipuk) dari Art Class Cikgu.

Baca juga: Mengintip Kisah Sejauh Mata Memandang, Mencari Peluang dari Barang yang Terbuang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com