Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Balenciaga, Gucci Jadi "Brand" Terpopuler untuk Kuarter Ke-2 2022

Kompas.com - 29/07/2022, 09:41 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Situs daftar peringkat produk dan brand fashion terpopuler Lyst Index baru saja mengumumkan bahwa Gucci resmi menjadi merek terpopuler dunia untuk kuarter kedua tahun 2022, menendang Balenciaga dari posisinya.

Untuk diketahui, Balenciaga merupakan brand fashion terpopuler untuk kuarter ke-3 dan ke-4 pada 2021, serta kuarter pertama 2022.

Tak mengherankan memang.

Dikutip dari Hypebeast, merek satu ini memiliki serangkaian fashion show dan kolaborasi, seperti dengan Fortnite, The Simpsons dan Kanye West untuk album DONDA miliknya. Belum lagi, soal penampilan nyentrik Kim Kardashian di Met Gala lalu.

Baca juga: Salip Gucci dan LV, Balenciaga Jadi Merek Terpanas di Awal 2022

Kendati demikian, Gucci tidak mau kalah.

Gucci yang sebelumnya berada di posisi dua pada kuarter pertama 2022 ini memiliki sederet proyek besar, seperti dirilisnya film House of Gucci dan sederet kolaborasi yang membuatnya dibicarakan orang.

Misalnya saja, koleksi “Cosmogonies” Resort 2023 bersama Adidas, dan membocorkan teaser koleksi “HA HA HA” hasil kerja samanya bersama aktor dan penyanyi Harry Styles yang merupakan penggemar berat dari merek asal Italia itu.

Bersama Direktur Kreatif Alessandro Michele, Gucci dan Harry Styles merilis koleksi bertajuk HA HA HA.VIA GUCCI Bersama Direktur Kreatif Alessandro Michele, Gucci dan Harry Styles merilis koleksi bertajuk HA HA HA.
Tak cukup sampai di situ, Gucci pun mulai mendekati dunia digital, seperti membuat kota virtual di game Roblox dan hadirnya cincin Oura.

Kampanye yang dibintangi selebritas kawakan seperti Snoop Dogg dan Jared Leto, atau kolaborasi lanjutannya dengan The North Face pun ikut ambil peran dalam kepopuleran Gucci.

Lalu untuk peringkat tiga hingga 10, ada Prada, Valentino, Louis Vuitton, Dior, Miu Miu, Fendi, Diesel, dan Burberry.

Peringkat top 20 pun didominasi dengan brand high end, seperti Versace, Nike, adidas, LOEWE, Dolce & Gabbana, Saint Laurent, Bottega Veneta, Moncler, Off-White, dan Jacqeumus di peringkat ke-20.

Daftar ini menunjukkan adanya suatu pergerakan dalam tren mode.

Mulai dari tahun yang kuat bagi Jacqeumus hingga dapat masuk ke dalam 20 besar, hingga bergesernya Bottega Veneta dengan Matthieu Blazy sebagai direktur kreatif barunya yang melorot dari posisi ke-delapan di musim lalu menjadi ke-17.

Kemungkinan, terlemparnya Bottega Veneta dari posisi ini juga disebabkan karena tas ikoniknya menjadi kurang populer saat ini.

Di sisi lain, Diesel melompat dari peringkat ke-15 menjadi ke-sembilan berkat upaya keras Glenn Martens yang terus menggelar pertunjukan inovatif dan berhasil mencuri perhatian para sosialita populer seperti Kylie Jenner, Julia Fox, dan Dua Lipa.

Baca juga: Intip Sepatu Gazelle Koleksi Adidas x Gucci yang Pertama Rilis

Halaman:
Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com