Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Cara Memilih Warna Outfit Sesuai dengan Undertone

Kompas.com - 03/08/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang penampilan adalah segalanya. Mereka yang menganggap penampilan sebagai prioritas akan menggunakan pakaian sesuai karakternya. Selain itu, mereka juga tak akan sembarangan dalam memadukannya.

Oleh sebab itu, kini muncul istilah yang ramai di media sosial soal cewek kue, mamba, hingga bumi. Cewek kue diidentikkan dengan perempuan yang senang menggunakan pakaian berwarna-warni. Kebalikannya, cewek mamba adalah perempuan yang sering mengenakan pakaian berwarna hitam.

Terakhir, cewek bumi yang dijelaskan dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Beauty Diary: Untukmu Si Cewek Bumi” yang identik dengan pakaian earth tone atau warna bumi. Biasanya, mereka memilih warna-warna kalem untuk pakaiannya.

Pemilihan warna pakaian memang tak kalah penting. Penelitian yang dilakukan Obeng dkk. (2018) kepada responden membuktikan bahwa 85,3 persen dari mereka mengaku kalau pemilihan warna pada outfit bisa mengubah suasana hati dan tingkat kepercayaan diri.

Salah satu cara yang bisa digunakan agar bisa memilih warna pakaian dengan tepat adalah melihat undertone. Lantas, bagaimana caranya?

Apa Itu Undertone dan Fungsinya?

Selain warna kulit yang kita kenal pada umumnya, ada pula istilah undertone. Undertone adalah warna yang tak terlihat secara jelas di permukaan kulit. Meskipun begitu, warna ini sangat memengaruhi warna permukaan kulit kita.

Umumnya, ada tiga jenis undertone, yaitu cool (dingin), warm (hangat), dan neutral (netral). Ketiganya pun memiliki karakteristik yang berbeda dan bisa memengaruhi bagaimana kita berpenampilan.

Selain itu, undertone juga berfungsi untuk menentukan shade foundation dan concealer yang sesuai dengan warna asli kulit kita. Hal ini penting dilakukan karena masih banyak orang yang keliru dalam memilih shade kosmetik.

Baca juga: Pakai Sunscreen atau Day Cream Dulu, Ya?

Mengenal Tiga Macam Undertone

Kulit yang memiliki undertone hangat biasanya tak mudah terbakar sinar matahari karena memiliki lebih banyak melanin. Oleh sebab itu, undertone ini biasanya dimiliki oleh orang-orang dengan warna dasar kulit kekuningan atau cokelat zaitun.

Karenanya, orang dengan warna kulit hangat cenderung terlihat lebih bersinar jika menggunakan pakaian dengan warna dasar kuning, hijau, cokelat, merah, oranye, persik, koral, dan emas. Tak hanya itu, menggunakan aksesoris berwarna emas juga akan membantu menonjolkan warna kulit kita.

Kedua adalah undertone cool (dingin) yang ditandai dengan rentan terbakarnya kulit di bawah sinar matahari. Meskipun begitu, ia tak mudah menggelap karena memiliki lebih sedikit pigmen.

Orang dengan undertone ini biasanya terlihat paling baik mengenakan pakaian atau riasan dengan nada biru. Warna dasar yang cocok digunakan adalah hijau cerah, ungu tua, merah muda, dan biru. Untuk aksesoris, mereka cenderung lebih cocok dengan perhiasan berwarna perak atau rose gold.

Sementara itu, orang dengan undertone netral cocok menggunakan outfit dari dua undertone di atas.

Cara Menentukan Undertone

Masih banyak orang yang belum paham cara menentukan undertone. Oleh karena itu, dilansir dari Family Britches, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah melihat pembuluh darah di telapak atau pergelangan tangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com