Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Deterjen Pertama di Indonesia dengan Essential Oil Lavender

Kompas.com - 03/08/2022, 22:18 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mencuci pakaian menjadi kegiatan penting di dalam aktivitas rumah tangga.

Hanya saja, aktivitas satu ini akan terasa menyebalkan jika deterjen yang digunakan membuat kulit tangan menjadi kering hingga hasil cucian berbau apek.

Demi menjadikan proses mencuci pakaian menjadi lebih menyenangkan dan memberikan pengalaman berbeda, Wings Care melalui SoKlin merilis deterjen Liquid Nature Series Provence Lavender.

Ini merupakan deterjen cair pertama di Indonesia dengan paduan minyak esensial yang terinspirasi dari aromatik bunga lavender asal Provence, Perancis.

"Bunga lavender di Provence itu mekarnya bulan Juni - Agustus. Pas banget momennya kita meluncurkan varian ini karena keindangan dan wangi maksimal saat bunga lavender bermekaran,"

Demikian kata Joanna Elizabeth Samuel, marketing manager fabric care Wings Group dalam peluncurannya, Rabu (3/78/2022).

Baca juga: 4 Bahan di Dapur yang Bisa Jadi Pengganti Deterjen untuk Cuci Pakaian

Inovasi deterjen yang dihadirkan ini menggunakan paduan aroma semerbak bernuansa floral, fruity dan aromatik yang lembut serta menenangkan.

Hal tersebut tercipta dari perpaduan sempurna antara top notes (citrus, fresh bergamot lime, rosemary, galbanum, dan essential oil lavender).

Deterjen ini juga memiliki aroma middle notes dari bunga lili, rose, pineapple, cassis, freesia dan jasmine, serta aroma dry down notes-nya dari musk, amber, dan white flowers.

Di Provence sendiri, lavender biasanya tumbuh di ketinggian 1 km di atas permukaan laut dan aroma lavender di sana cenderung lebih manis dibandingkan aroma lavender dari daerah lain.

Menurut Sania Alattas, seorang fragrance expert, setiap satu hektar ladang lavender dapat diolah menjadi 12-15 kilogram minyak esensial.

"Karakteristik aroma lavender itu ibaratnya seperti pelukan sayang dari ibu."

"Wanginya unik, mudah dikenali dan lembut sehingga bisa memberikan kesan bersih yang aromatik dan menenangkan," kata Sania.

Baca juga: Tips Menanam Lavender Sebagai Tanaman Hias di Rumah

Kehadiran varian deterjen cair ini juga telah teruji secara dermatologi sehingga aman digunakan jika berinteraksi dengan kulit.

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Semua bahan bakunya juga telah dimodifikasi dan terbuat dari plant based formula, serta power clean action-nya yang mampu membersihkan noda secara menyeluruh.

Selain itu, ada kelebihan lain yang dimiliki, yakni mampu menjaga warna pakaian tetap cemerlang tanpa merusak kain.

"Manfaat dari aroma minyak esensial yang terkandung pada deterjen ini juga bisa dirasakan pemakainya."

"Manfaatnya bisa memberikan ketenangan dan moodnya menjadi lebih baik," pungkas Joanna.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lumut dari Atap Pakai Deterjen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com