Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mengatasi Ketombe di Rumah dengan Bahan Alami

Kompas.com - 04/08/2022, 11:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketombe adalah masalah rambut yang membuat kulit kepala gatal, kering, bersisik, dan sering kali menimbulkan ketidaknyamanan.

Menurut dokter spesialis kulit di The Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner, MD, ketombe bisa terjadi di seluruh kulit kepala, tetapi biasanya paling umum di bagian belakang kepala, di sepanjang garis rambut depan, dan di sekitar telinga.

Dia juga mengatakan bahwa ketombe adalah hasil dari reaksi tubuh terhadap ragi atau sejenis jamur yang hidup secara alami di kulit, termasuk di kulit kepala.

"Ketika ragi tumbuh terlalu banyak, itu dapat membuat reaksi imun inflamasi yang menyebabkan kulit mengelupas," terangnya.

"Terutama dalam cuaca panas dan lembab, keringat dan minyak yang menumpuk di kulit kepala dapat menciptakan tempat yang ideal bagi lebih banyak ragi untuk tumbuh," sambung dia.

Kendati demikian, kita tidak perlu khawatir. Karena selain sampo, kita juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah untuk mengatasi masalah ketombe ini.

Baca juga: Ketahui, 7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa solusi mengatasi ketombe secara alami, seperti berikut ini.

1. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dapat digunakan sebagai obat untuk berbagai kondisi jamur dan bakteri karena memiliki sifat antimikroba.

"Ini juga dapat membunuh dan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur," kata Dr Zeichner.

Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menguji kelompok kontrol yang menggunakan sampo non-tea tree dan sampo tea tree sebanyak 5 persen pada 126 peserta.

Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang menggunakan sampo tea tree mengalami peningkatan dalam mengurangi keparahan ketombe hingga 41 persen dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Dokter Zeichner pun mengungkapkan bahwa kita tidak boleh mengoleskan tea tree oil dalam bentuk murni karena itu dapat menyebabkan iritasi.

Oleh sebab itu, dia merekomendasikan untuk memasukkan beberapa tetes minyak ke dalam sampo biasa setiap kali kita mencuci rambut atau keramas.

Baca juga: Selain Melawan Jerawat, Apa Saja Manfaat Tea Tree Oil?

2. Cuka sari apel

Sementara banyak orang menelan cuka sari apel secara oral untuk manfaat kesehatan, itu juga dapat digunakan secara topikal dalam membantu menghilangkan ketombe.

Menurut Dr Zeichner, ada dua cara yang dapat dilakukan cuka sari apel untuk menghilangkan ketombe.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com