Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Berkunjung ke Rusun "Pengabdi Setan 2: Communion", Berani?

Kompas.com - 04/08/2022, 20:24 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Pengabdi Setan 2: Communion akhirnya tayang di bioskop setelah sekian lama dinantikan oleh para penontonnya.

Sekuel horor besuran Joko Anwar ini memang memiliki basis penggemarnya sendiri setelah kesuksesannya film pertamanya beberapa tahun lalu.

Meski berlabel remake, Pengabdi Setan sukses menghadirkan kengerian yang berbeda dan lebih dibandingkan pendahulunya.

Tak heran jika kini masyarakat berbondong-bondong menyaksikan film yang dibintangi Tara Basro ini guna menuntaskan rasa penasarannya.

Baca juga: Pengabdi Setan 2: Communion Tayang di IMAX, Jadi Lebih Seram?

Berkunjung ke lokasi rusun Pengabdi Setan 2: Communion

Nonton Pengabdi Setan 2: Communion dengan kecanggihan bioskop terkini saja rasanya mungkin tidak cukup menegangkan untuk penggila film horor.

Untuk mendapatkan sensasi yang lebih nyata, mungkin kita bisa mencoba mengunjungi rusun yang menjadi lokasi syuting film tersebut.

Apalagi bangunan tersebut memang memiliki porsi penting dalam plot cerita film fenomenal itu, bukan hanya sekedar jadi penghias adegan.

Sang sutradara, Joko Anwar mengaku butuh waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan lokasi yang tepat untuk mewujudkan cerita yang ingin ditampilkan.

Baca juga: Ini Dampak Positif dan Negatif Film Horor bagi Kesehatan

Maka dipilihlah rusun yang berlokasi di belakang Pasar Sumber Arta, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Jawa Barat.

Dikutip dari Kompas.com (04/08/2022), bangunan tersebut sudah terbengkalai selama hampir 15 tahun sejak pertama kali didirikan pada tahun 2007.

Entah apa sebabnya, rusun tersebut tak pernah difungsikan sampai akhirnya jadi lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion.

Nah jika ingin berkunjung ke rumah 'Ibu", kita bisa memafaatkan transportasi umum untuk sampai ke sana.

Berdasarkan hasil pencarian Google, kita bisa naik kereta commuter Bekasi via Manggarai dari Stasiun Jatinegara lalu turun di Stasiun Klender Baru.

Setelah itu, naik angkot T26 Kalimalang dan turun Jl. H. Naman kemudian dilanjutkan berjalan kaki sejauh 500 meter, sekitar enam menit dan sampailah di lokasi tujuan.

Pilihan lainnya, naik mikrolet (M19) jurusan Kranji dan turun di Pasar Sumber Arta, dilanjutkan dengan jalan kaki tiga menit.

Sesampainya di sana, tentunya kita bisa mengeksplorasi berbagai bagian bangunan tersebut termasuk yang kita saksikan di film.

Bagaimana, berani coba?

Baca juga: 6 Manfaat Nonton Film Horor bareng Pasangan, Sudah Tahu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com