Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2022, 12:12 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar perempuan, daun sirih (piper betle) sering kali dikenal sebagai tanaman yang dapat menghilangkan keputihan dan menjaga kesehatan area kewanitaan.

Namun lebih dari itu, daun berbentuk hati dan cenderung berwarna hijau tua ini ternyata memiliki manfaat yang lebih besar untuk kesehatan secara keseluruhan.

Ada pun sekitar 85-90 persen daun sirih adalah air, yang berarti tanaman ini memiliki kadar air yang tinggi dan jumlah kalori yang rendah.

Baca juga: 10 Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Daun sirih juga diketahui mengandung 0,4-1 persen lemak dan 3-3,5 persen protein yang membuatnya menjadi sumber lemak yang rendah dan sumber protein yang moderat.

Selain itu, daun sirih mengandung nutrisi penting dalam jumlah sedang seperti yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat.

Tak hanya nutrisi, daun sirih juga mengandung beberapa komponen kimia seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, dan campene yang masing-masing dapat membantu mengobati penyakit.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengapa daun sirih penting bagi kesehatan, simak beberapa manfaatnya sebagai berikut ini.

1. Membantu menurunkan gula darah

Berbagai obat anti-diabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang.

Tetapi, penelitian telah menunjukkan bahwa bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar glukosa darah pada individu yang baru didiagnosis diabetes mellitus tipe 2 tanpa efek samping.

Individu dengan diabetes juga biasanya memiliki tingkat stres oksidatif yang tinggi karena kadar glukosa darah tinggi terus menerus (hiperglikemia), yang menyebabkan sistem pertahanan antioksidan dan berkurang.

Baca juga: Perhatikan, Tanda Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Untungnya, daun sirih adalah sumber antioksidan yang hebat dalam melawan stres oksidatif dengan membersihkan radikal bebas.

Dengan demikian, daun sirih dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah yang tinggi dan membantu dalam pengelolaan diabetes mellitus.

2. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian menemukan, daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL), serta kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL).

Efek penurun lipid dari daun sirih ini disebabkan oleh adanya eugenol atau antioksidan alami yang menetralisasi radikal bebas.

Selanjutnya, eugenol akan menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus, lalu meningkatkan katabolisme kolesterol LDL "jahat".

Ada pun kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi biasanya dimobilisasi dari plasma ke hati dan kemudian dihilangkan dalam bentuk asam empedu.

Dengan begitu, melalui berbagai mekanismenya, daun sirih dapat membantu menurunkan kadar lipid yang tinggi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com