Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Perbedaan Nutrisi, serta Manfaat Gula Putih dan Gula Cokelat

Kompas.com - 12/08/2022, 08:20 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada berbagai macam gula yang biasa dikenal untuk menambahkan rasa manis pada makanan maupun minuman, seperti menggunakan gula pasir.

Tapi kita sering menemui ada gula pasir yang warnanya putih bersih, dan ada yang cokelat (brown sugar).

Meskipun proses pembuatannya sama, namun baik gula pasir putih dan gula cokelat ternyata memiliki perbedaan dari segi warna, tekstur, kandungan nutrisi, hingga manfaatnya.

Menurut The Sugar Association, selama proses pembuatan gula, produsen akan memisahkan kristal gula dari molase, yaitu sirup kental berwarna cokelat gelap yang secara alami terdapat dalam gula bit dan tebu.

Jumlah molase dalam suatu jenis gula inilah yang nantinya menentukan warna dan teksturnya. Ini berarti bahwa gula cokelat mengandung molase yang dihilangkan saat memproduksi gula putih.

Nutrisi gula putih dan cokelat

Secara nutrisi, tidak banyak perbedaan di antara keduanya. Gula cokelat mengandung 380 kalori per 100 gram, sedangkan gula putih mengandung 385 kalori per 100 gram.

Jadi, jika kita berpikir bahwa gula cokelat adalah pilihan yang lebih sehat daripada gula putih dalam menjaga defisit kalori, maka kita jelas salah informasi.

Namun kandungan kalsium dalam gula cokelat lebih banyak daripada gula putih, dengan 83 mg per 100 gram dibandingkan dengan 1 mg per 100 gram pada gula putih, .

Mineral lainnya juga, seperti zat besi, lebih tinggi dalam gula cokelat daripada gula putih.

Tetapi, kita harus ingat bahwa ketika kita hanya makan sesendok gula, perbedaan-perbedaan ini begitu kecil, sehingga tidak akan menjadi masalah.

Baca juga: Sedang Hits Brown Sugar, Benarkah Lebih Sehat dari Gula Putih?

Ilustrasi gula putih dan gula cokelatTomasz Matuszewski fotorince.pl Ilustrasi gula putih dan gula cokelat
Manfaat gula putih dan cokelat bagi kesehatan

Karena gula putih lebih banyak diproses dan dimurnikan, maka gula putih memberikan dorongan energi instan bagi tubuh.

Selain itu, gula putih juga dapat meningkatkan fungsi otak dengan memasok dosis glukosa ke dalamnya yang sangat penting untuk fungsi otak.

Gula putih ini merupakan obat yang terbukti dapat membantu menyembuhkan luka dengan membantu pembentukan jaringan granulasi dan meniadakan reproduksi bakteri.

Di sisi lain, gula cokelat mungkin hanya sedikit lebih rendah dari gula putih dalam hal kandungan kalorinya, tetapi masih ada manfaat lain.

Misalnya, dalam beberapa budaya, gula cokelat digunakan sebagai obat untuk kram menstruasi dan juga bertindak sebagai eksfolian alami yang hebat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com