Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coolscuplting dan Sedot Lemak, Mana yang Lebih Efektif Melangsingkan?

Kompas.com - 26/08/2022, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Rumus untuk menurunkan berat badan yang sudah teruji adalah dengan mengatur pola makan dan juga rajin berolahraga. Namun, pada sebagian orang seringkali ada area tubuh yang tetap berlemak walau berat badan berhasil turun.

Untuk kamu yang sulit mencapai target mendapatkan tubuh yang kencang tanpa lemak, melakukan terapi untuk mengatasi lemak berlebih bisa dipertimbangkan.

Jika selama ini masyarakat lebih sering mendengar istilah sedot lemak, saat ini sedang tren metode pelangsingan, yaitu coolscuplting.

Coolscuplting merupakan metode menghancurkan lemak di bawah kulit dengan suhu dingin (di bawah nol derajat).

“Coolscupting ini merupakan cryro-lipolisis atau metode penghancuran lemak tubuh dengan cara didinginkan dengan suhu tertentu dan waktu tertentu, sehingga akhirnya sel lemak akan mati dan dikeluarkan lewat urine dan keringat,” papar dr.Olivia Aldisa Dipl.AAAM dari De Vie Medical Aesthetic Clinic Jakarta.

Baca juga: Dewi Perssik Habiskan Rp 200 Juta untuk Sedot Lemak Usai Kerap Dikira Hamil

Ia mengatakan, coolscuptling sangat berbeda dengan sedot lemak, walau sama-sama bertujuan untuk mengurangi lemak.

“Coolscuplting ini non-surgery, tidak ada pembedahan. menggunakan mesin, tanpa anastesi, tanpa ada obat yang dimasukkan ke tubuh,” kata dokter yang menjadi trainer metode Coolscuplting ini.

Sedot lemak (liposuction) membutuhkan anastesi dan juga sayatan kecil di area tubuh untuk memasukkan selang (kanula) yang akan menyedot lemak.

Sebaliknya, tindakan coolscuplting hanya menggunakan alat khusus yang ditempelkan ke bagian tubuh yang ditargetkan. Nantinya, lemak akan mengkristal dan mati, lalu dikeluarkan dari tubuh lewat metabolisme.

Ilustrasi terapi penghancuran lemak dengan mesin coolsculptingApexskin Ilustrasi terapi penghancuran lemak dengan mesin coolsculpting

Coolsculpting pun terbilang praktis dan cepat. Untuk satu titik bagian tubuh yang ditargetkan hanya dibutuhkan waktu sekitar 35 menit. Namun, terkadang ada area tubuh yang menjadi “sarang lemak” seperti perut, bisa butuh 10 titik.

“Sekali pengerjaan akan mengurangi 20-27 persen lemak di area yg ditreatment. bukan di area tubuh lain. Kalau mau lebih kecil lagi bisa diulang sebulan kemudian di area yg sama,” kata Aldisa.

Setelah tindakan, pasien pun bisa beraktivitas dengan normal. Hasil pengurangan lemak akan terlihat paling optimal pada satu hingga tiga bulan pertama setelah terapi.

Baca juga: 5 Langkah Mudah untuk Hilangkan Lemak Perut

Obesitas bukan kandidat terapi coolscuplting

Terapi coolscuplting bisa dilakukan di hampir semua bagian tubuh yang memiliki “kantung lemak”, misalnya saja di area perut, paha luar dan paha dalam, lengan, area bawah ketiak, hingga dagu.

Meski begitu, orang yang masuk kategori obesitas tidak direkomendasikan untuk tindakan ini.

Aldisa menjelaskan, orang obesitas atau memiliki indeks massa tubuh di atas 30, memiliki area berlemak yang sangat luas atau tidak terlokalisasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com