Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kiat Siapkan Resepsi Pernikahan di Masa Transisi Pandemi

Kompas.com - 31/08/2022, 08:12 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernikahan adalah salah satu momen penting dan sangat didambakan sebagian besar orang di dalam kehidupan.

Tak heran jika acara pernikahan pun digelar dengan persiapan matang agar momen tersebut bisa menjadi kenangan yang membahagiakan dan tidak terlupakan sepanjang hidup.

Nah, seiring dengan berjalannya waktu ke masa transisi pandemi Covid-19, berbagai persiapan mulai dari penyusunan anggaran hingga vendor pun kian diperhatikan.

Bagi para calon pengantin yang ingin mengadakan acara pernikahan, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu merealisasikan acara pernikahan di masa transisi pandemi Covid-19, dengan baik.

Baca juga: 5 Lagu Terkenal yang Pantang Dimainkan di Pesta Pernikahan

1. Menyesuaikan biaya sesuai kemampuan

Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh calon pengantin sebelum mengadakan acara pernikahan adalah menyusun biaya atau anggaran yang sesuai dengan kemampuan.

"Baik itu menikah di gedung, ballroom hotel, atau di gang dekat rumah, yang harus dilakukan adalah menentukan budget acara pernikahan sesuai kemampuan."

Demikian penuturan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pernikahan dan Gaun Indonesia (APPGINDO), Iwan Hutapea usai acara launching Lagoon Garden Hall Love Story di Hotel Sultan Jakarta, Senin (29/8/2022) kemarin.

Iwan juga mengatakan, biaya pernikahan setiap orang bisa berbeda-beda dan relatif luas.

Menurut dia, untuk pernikahan kelas A+ bisa mengeluarkan biaya hingga Rp 1 miliar.

Namun, di masa transisi pandemi ini, ada pula calon pengantin yang memiliki rata-rata biaya pernikahan hanya sekitar Rp 30-50 juta saja.

"Kembali lagi ya itu kebutuhannya nanti seperti apa dan mampunya seberapa untuk mengadakan acara pernikahan," tambah dia.

2. Venue dengan sirkulasi udara baik

Selain anggaran, pemilihan venue untuk acara pernikahan juga menjadi hal yang penting di masa transisi pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: Pesta Pernikahan Selebritas Jadi Acuan Tren

Pengurus APPGINDO DPD DKI Jakarta, Evan Septian mengatakan, sejak pandemi Covid-19 melanda, venue untuk acara pernikahan lebih banyak yang campuran antara indoor dan outdoor.

Tetapi, dia lebih menyarankan bagi calon pengantin untuk memilih venue yang lebih besar dengan sirkulasi udaranya baik.

"Tidak heran juga sekarang beberapa orang mulai mencari venue untuk wedding yang semi outdoor. Jadi, ada yang indoor dan outdoor agar sirkulasi udaranya tetap keluar," kata dia.

"Terus kalau mau, disortir juga tamu-tamu undangannya. Kalau memang nyaman dan concern banget sama kesehatan ya sebelum masuk ada antigen dulu," kata Evan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com