Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Berhubungan Seks Bisa Bantu Atasi Batu Ginjal? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 20/09/2022, 07:31 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menerapkan pola hidup sehat mungkin menjadi solusi yang paling sering ditawarkan untuk membantu mengatasi masalah batu ginjal.

Biasanya, mereka yang memiliki batu ginjal juga disarankan untuk minum banyak air putih dan minum obat yang dapat mengendurkan otot-otot di saluran kemih untuk mempercepat proses pengeluaran batu.

Jika batu menjadi terlalu besar, proses pembedahan diperlukan untuk mengeluarkannya secara manual atau memecahnya menjadi potongan-potongan kecil.

Tapi, terlepas dari semua metode itu, apakah kita pernah mengetahui atau mendengar klaim bahwa berhubungan seks juga ternyata mampu menangani masalah kesehatan yang satu ini?

Nah, sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menyebutkan bahwa berhubungan seks secara rutin dapat memiliki manfaat yang potensial terhadap masalah batu ginjal.

Studi berjudul "Pleasurable ways to spontaneously expulse distal ureteral stones" yang dilakukan oleh tim dokter urologi di Universitas Airlangga di Surabaya, Indonesia, itu pun meneliti efek orgasme dan ejakulasi pada penderita batu ginjal.

Baca juga: 4 Akibat Kurang Bercinta, Apa Saja?

Hasil studi tentang manfaat hubungan seks untuk batu ginjal

Dalam studi tersebut, para dokter meninjau lima studi berbeda yang melibatkan 406 peserta untuk sampai pada kesimpulan mereka.

Peserta diberi instruksi untuk melakukan hubungan seks atau masturbasi tiga sampai empat kali setiap minggu, atau menahan diri untuk tidak melakukan salah satu aktivitas tersebut.

Dari hasil studi, para dokter pun menemukan bahwa orgasme dan ejakulasi dapat menyebabkan kontraksi maupun relaksasi leher kandung kemih yang dapat membantu mengeluarkan batu ginjal.

Karena, pada saat otot-otot rileks, urin — bersama dengan batu ginjal — dapat dengan mudah melewati uretra.

Dan di antara kelompok partisipan yang aktif secara seksual, tingkat pengeluaran batu ginjal mereka pun terbukti 5,7 lebih tinggi daripada kelompok kontrol.

"Melakukan hubungan seksual atau masturbasi selama tiga sampai empat kali seminggu bermanfaat untuk mengeluarkan batu ureter distal," demikian penjelasan yang tertulis dalam laporan studi.

Baca juga: 6 Langkah Sederhana Cegah Batu Ginjal

Aktivitas seks mengurangi konsumsi obat dan prosedur lain

Selain memudahkan proses pengeluaran batu ginjal, studi ini pun mengungkapkan bahwa mereka yang secara teratur melakukan aktivitas seksual cenderung tidak memerlukan obat pereda nyeri jika mereka memang memiliki batu ginjal.

Di mana, para dokter menemukan bahwa seks dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh batu ginjal, dengan 62 persen lebih sedikit partisipan dalam kelompok itu yang membutuhkan pereda nyeri.

Sering kali ketika batu ginjal terlalu besar untuk dilewati, diperlukan prosedur untuk memecahnya.

Kendati demikian, studi ini menunjukkan bahwa jumlah orang yang memerlukan prosedur itu juga berkurang hingga 20 persen.

 

Baca juga: Mencegah Batu Ginjal Secara Alami, Mudah dan Sederhana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com