Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut, Bagaimana Memilihnya?

Kompas.com - 22/09/2022, 12:35 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Beberapa orang menganggap bahwa menggunakan minyak sebagai perawatan rambut dapat membuat penumpukan minyak di rambut dan menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi.

Namun, di sisi lain, perawatan rambut dengan menggunakan minyak, terutama minyak zaitun, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Bahkan saat ini ada ribuan video YouTube dari para vlogger yang berbagi bagaimana mereka menggunakan minyak zaitun dalam rutinitas perawatan rambut.

Melihat hal itu, para ahli rambut pun memberi tahu lebih lanjut tentang minyak zaitun dan apakah kita harus menambahkannya ke dalam rutinitas perawatan rambut.

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Cara kerja minyak zaitun untuk rambut alami

Sebagai permulaan, seorang trichologist dan pendiri Alodia Hair Care, Dr Isfahan Chambers-Harris mengatakan bahwa sebagian besar minyak serbaguna yang umum digunakan (seperti alpukat, kelapa, dan minyak jojoba) tidak benar-benar bisa melembabkan rambut.

Tapi, kabar baiknya, Chambers-Harris mengungkapkan kalau minyak zaitun adalah salah satu emolien terbaik yang tidak hanya mengandung vitamin, antioksidan, dan lemak sehat, tetapi juga dapat meredakan kulit kepala yang kering dan gatal.

"Minyak zaitun bisa membantu melawan infeksi bakteri sekaligus memperkuat rambut," terangnya.

"Ini menjadikan minyak zaitun sebagai bahan yang ideal untuk masker rambut, kondisioner, atau sebagai perawatan untuk meningkatkan hidrasi dan melembutkan rambut," sambung dia.

Sependapat dengan Chambers-Harris, pendiri Too Groovy Salon yang berbasis di Atlanta, Robin Groover juga mengatakan bahwa minyak zaitun bagus untuk merawat rambut kering dan bertekstur rapat karena menghaluskan kutikula, [dan] sifatnya membantu menjaga kelembaban.

Kendati demikian, dia memperingatkan bahwa minyak zaitun bisa jadi terlalu berat untuk rambut yang kurang lebat dan bertekstur lebih halus. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakannya secara berlebihan.

Baca juga: Mengenal 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Ilustrasi minyak zaitun. PIXABAY/STEVEPB Ilustrasi minyak zaitun.
Tips memilih minyak zaitun

Sebelum membeli sebotol minyak zaitun untuk rambut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

"Saya merekomendasikan untuk membeli minyak zaitun extra-virgin organik (EVOO) yang tidak dimurnikan dan tidak diolah dengan bahan kimia atau panas," saran Chambers-Harris.

"Ini adalah kualitas tertinggi yang tersedia dan jauh lebih sehat untuk rambut," kata dia.

Namun, apabila kita tidak memiliki waktu untuk meracik perawatan sendiri atau do it yourself (DIY), Groover merekomendasikan untuk mencari produk berbasis minyak zaitun.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut

Chambers-Harris merekomendasikan untuk mencampurkan minyak zaitun dengan madu.

Halaman:
Sumber Byrdie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com