Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Stres di Luar Batas? Coba 3 Tips Ini untuk Mengatasinya

Kompas.com - 22/09/2022, 16:15 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap ibu tentu memiliki masalah dan tekanan berbeda-beda yang bisa membuatnya merasa stres.

Menurut seorang psikolog dan co-founder dari Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, MPsi, stres sebenarnya adalah hal yang wajar dialami oleh para ibu.

Dalam kadar yang tepat, stres sebenarnya mampu membuat ibu menjadi lebih bersemangat.

"Sebagai ibu kita harus punya rasa stres," terangnya dalam acara ulang tahun ke-3 Momami di Jakarta, belum lama ini.

"Jadi stres itu harus tetap ada, tapi dalam batasan yang wajar supaya bisa memotivasi kita untuk mengasuh anak," sambung dia.

Sayangnya, ibu sering kali tidak dapat mengelola stres dengan baik, yang pada akhirnya menumpuk dan membuat respons atau interaksi yang buruk terhadap lingkungan sekitar.

"Kalau stres ibu sudah di luar batas, itu bisa memicu kemarahan pada anak dan orang-orang terdekatnya, sehingga ibu perlu menjaga stres tetap berjalan sewajarnya," kata Saskhya.

Baca juga: 9 Manfaat Stres yang Perlu Diketahui

Mengatasi stres ibu

Nah, untuk membantu para ibu mengatasi masalah ini, Saskhya pun membagikan 3 hal penting yang dapat dicoba ibu dalam mengelola stres sebagai berikut.

1. Meminta dukungan dari orang-orang terdekat

Banyak ibu yang mungkin tidak ingin pekerjaannya disabotase oleh orang lain, termasuk orang-orang terdekat seperti suami.

Namun, meminta bantuan dan dukungan dari orang-orang terdekat rupanya penting untuk menjaga kadar stres ibu tetap sewajarnya.

"Dukungan ini bisa datang dari suami, dari keluarga, dan orang-orang terdekat lainnya," ungkap Saskhya.

"Dengan mendelegasikan tugas kita ke mereka, itu bisa meringankan stres karena mereka adalah support system bukan rival kita," jelasnya.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Jalani Hidup agar Terhindar dari Stres

2. Meluangkan waktu untuk me time

Meskipun sudah memiliki anak, tidak ada salahnya bagi ibu untuk tetap meluangkan waktunya untuk me time.

Sebab, me time tidak hanya membantu kita melepaskan stres, tetapi ini juga menjadi waktu bagi ibu untuk dapat kembali berpikir dengan jernih tanpa emosi.

"Kalau anak-anak sudah punya jadwal yang teratur dan konsisten, kita bisa melakukan me time di beberapa waktu kosong dengan mengisi kegiatan yang kita sukai, misalnya, menonton dan sebagainya," saran Saskhya.

3. Berkonsultasi dengan psikolog

Jika stres yang dialami ibu sudah benar-benar tidak terkendali, maka berkonsultasi dengan terapis atau psikolog adalah bantuan yang harus segera didapatkan.

Menurut Saskhya, tanda-tanda ibu mengalami stres di luar batas adalah ketika kebiasaan sehari-hari (seperti mandi, makan) sudah mulai dilewatkan.

"Kesulitan tidur dan hubungan yang merenggang dengan orang-orang terdekat juga bisa menjadi pertanda bahwa kita mengalami stres yang berlebihan," terangnya.

"Nah, dengan berkonsultasi atau mendapatkan bantuan profesional, ibu dapat lebih mudah mengontrol kembali rasa stres dan langkah ini juga sangat baik bagi kesehatan mental," imbuh dia.

Baca juga: Ibu Stres Bisa Berdampak pada Anak, Kenali Cara Menanganinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com