Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plant-based Serum, Alternatif Alami Perawatan dan Ketahanan Kulit

Kompas.com - 03/10/2022, 08:42 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Untuk mencapai kondisi kesehatan tubuh yang optimal, kita kerap dianjurkan mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan ke dalam diet kita.

Sumber makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung nutrien, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi, tidaklah mengherankan apabila produk kecantikan dengan bahan utama yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (plant-based) juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit kita.

Ekstrak tumbuh-tumbuhan yang digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit mengandung zat-zat aktif seperti kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Salah satu produk perawatan yang penting dalam skin care routine kita adalah penggunaan serum.

Plant-based serum merupakan alternatif yang baik digunakan sehari-hari karena kondisi kulit kita yang sering terpapar polusi, debu, dan zat-zat kimia berbahaya lainnya. Dampak dari paparan ini juga yang dapat menyebabkan stres pada kulit.

Baca juga: Apa Itu Serum Wajah, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya

Ilustrasi menggunakan serum Ilustrasi menggunakan serum
Serum dirancang untuk menutrisi, melindungi, dan menghidrasi kulit. Serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembap. Penggunaan serum biasanya dilakukan sebelum pelembap.

Paparan stressor yang terjadi pada kulit juga dapat menyebabkan oksidasi yang menimbulkan molekul radikal bebas sehingga kondisi kulit terganggu kelembapannya, kulit menjadi lebih sensitif, dan lapisan penghalang kulit (skin barrier) yang semakin lemah.

Dalam kondisi seperti ini diperlukan konsumsi antioksidan yang baik sehingga kulit dapat berfungsi optimal kembali.

Lalu bagaimana kita dapat mengurangi efek-efek dari stressor eksternal tersebut? Ketahanan kulit (skin resilience) bisa menjadi jawabannya.

Ketahanan kulit yang baik berarti lapisan kulit kita dapat berfungsi secara optimal dalam menangkal stressor yang datang setiap harinya.

Skin resilience tercermin dari kondisi kulit yang elastis dan mempunyai struktur lebih penuh dengan lapisan penghalang (barrier) kulit yang kuat.

Penggunaan plant-based serum yang mengandung antioksidan tinggi sebagai skin care routine dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjaga ketahanan kulit.

Salah satu brand yang dikenal selalu menggunakan bahan alami adalah The Body Shop. Brand yang terus mendorong advokasi terhadap produk kecantikan yang berkelanjutan ini menemukan bahwa bunga Edelweiss yang tumbuh di pegunungan Alpine memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi, termasuk Leontopodic Acid.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by The Body Shop Indonesia (@thebodyshopindo)

Bahkan apabila ekstraknya dijadikan bahan produk perawatan kulit, terbukti mengandung 43% lebih banyak antioksidan dari produk-produk yang terbuat dari bahan kimia sintetis seperti Retinol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com