Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Minyak Zaitun Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 06/10/2022, 08:18 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Minyak zaitun merupakan ekstraksi minyak dari buah zaitun yang banyak digunakan orang untuk memasak.

Ada pun manfaat yang paling terkenal dari mengonsumsi minyak zaitun termasuk kemampuannya untuk mengurangi peradangan, mendukung kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, beberapa orang juga percaya bahwa minyak zaitun mampu membantu proses penurunan berat badan.

Zaitun mengandung senyawa yang membantu penurunan berat badan

Banyak manfaat minyak zaitun yang telah diamati dalam konteks mengikuti diet Mediterania.

Pola makan ini ditandai dengan tingginya konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kentang, legume, dan kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sementara pola makan ini sering memasukkan ikan, sumber lemak utamanya adalah minyak zaitun dan juga membatasi daging merah dan makanan manis.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Tekanan Darah

Minyak zaitun sendiri diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), yang memiliki satu ikatan karbon tak jenuh dalam komposisi kimianya. MUFA biasanya cair pada suhu kamar.

Sebuah studi lama yang dilakukan selama 4 minggu menemukan pria dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dalam makanannya mengalami penurunan berat badan yang kecil namun signifikan, dibandingkan dengan diet kaya lemak jenuh.

Penelitian yang lebih baru setuju bahwa asam lemak tak jenuh kemungkinan lebih bermanfaat daripada lemak jenuh dalam hal pemeliharaan berat badan yang sehat.

Diet yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal juga telah terbukti mampu mencegah penambahan berat badan dan penumpukan lemak dalam penelitian pada hewan.

Di samping itu, minyak zaitun adalah sumber yang kaya trigliserida rantai menengah (MCT), yang telah lama dipelajari karena kemampuannya untuk berperan dalam penurunan dan pemeliharaan berat badan yang sehat.

MCT adalah trigliserida yang mengandung asam lemak yang terdiri dari 6-12 atom karbon, yang dipecah dengan cepat dan diserap oleh hati agar dapat digunakan untuk energi.

Sementara beberapa penelitian telah menemukan efek positif MCT pada penurunan berat badan, yang lain tidak menemukan efeknya.

Baca juga: 8 Kebaikan Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Namun, satu penelitian yang membandingkan MCT dengan trigliserida rantai panjang menemukan bahwa MCT menghasilkan produksi yang lebih besar dari hormon pengatur nafsu makan tertentu seperti peptida YY, yang meningkatkan perasaan kenyang.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa MCT dapat mendorong penurunan berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh.

Halaman:
Sumber Healthline


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com