Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Camilan yang Ampuh Hambat Penuaan Dini, Salah Satunya Telur Rebus

Kompas.com - 11/10/2022, 12:43 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pola makan maupun menu makanan yang kita pilih secara keseluruhan ternyata sangat berperan penting dalam mempercepat atau memperlambat penuaan.

Misalnya, diet seimbang yang penuh dengan serat, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan antioksidan dapat membantu mencegah penuaan dini sekaligus menurunkan peluang kita terkena penyakit terkait usia.

Baca juga: Pentingnya Blue Light Skincare untuk Cegah Penuaan Dini

Di sisi lain, pola makan yang terdiri dari gula tambahan yang berlebihan, makanan olahan, dan lemak jenuh dan lemak trans dapat berkontribusi pada proses penuaan yang lebih cepat dan kemungkinan penyakit yang berkaitan dengan usia yang lebih tinggi.

Nah, jika kita sedang mencari beberapa ide mudah tentang cara memasukkan lebih banyak makanan sehat ke dalam diet, cobalah beberapa camilan kaya nutrisi yang ampuh menghambat penuaan dini, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Hummus dan sayuran

Sepiring hummus dan sayuran sederhana adalah camilan super cepat dan mudah yang juga sehat, serta penuh nutrisi.

"Camilan ini menyediakan lemak sehat dan antioksidan, yang keduanya merupakan kontributor utama bagi kesehatan otak, dengan lemak sehat yang dikenal untuk membuat otak beroperasi lebih efisien."

Demikian penuturan ahli gizi di Balance One Supplements, Trista Best, MPH, RD, LD.

"Antioksidan dalam sayuran juga membantu mengurangi peradangan yang mungkin ada dan merusak otak," sambung dia.

Semua sayuran dapat memberikan susunan antioksidan dan vitamin yang unik, tetapi beberapa sayuran yang dikenal sebagai yang terbaik dalam hal memperlambat penuaan adalah sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli.

2. Rasberi

Jika kita mencari camilan manis yang tidak mengandung gula tambahan, buah seperti rasberi bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

Baca juga: Cegah Masalah Tidur Setelah Minum Kopi dengan Brokoli

"Rasberi mengandung antioksidan yang tinggi, yang telah terbukti mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan radikal bebas dalam tubuh," kata ahli gizi dan penulis di Go Wellness, Courtney D'Angelo, MS, RD.

"Buah beri ini juga mengandung vitamin C yang tinggi, yang juga telah terbukti memperlambat penuaan kulit dan dapat membantu mengurangi keriput, serta kekeringan kulit," ujar dia.

Secara keseluruhan, buah beri yang tinggi antioksidan dapat menenangkan kulit dan membantu memberikan penampilan kulit yang lebih awet muda.

3. Telur rebus

Menurut Best, fokus pada pemeliharaan otot yang sehat adalah bagian penting dari proses penuaan.

"Kita memiliki lebih dari 600 otot dalam tubuh. Jadi, menjaga otot-otot itu tetap sehat dengan apa yang kita berikan kepada diri kita sendiri sangat penting bagi penuaan yang sehat," ungkapnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com