Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Ikan Cupang, dari Habitat hingga Pakan

Kompas.com - 12/10/2022, 11:20 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias terpopuler di kalangan pecinta akuarium saat ini.

Biasanya, warna dan bentuknya yang cantik serta perawatannya yang terbilang mudah menjadi alasan para penghobi untuk memelihara ikan cupang.

Namun meski terbilang mudah, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti habitat hingga pola makan. Sebab, ikan cupang bisa mati jika kita merawatnya sembarangan.

Baca juga: Simak, 3 Tips Penting Memelihara Ikan Cupang untuk Pemula

Untuk mengetahui rincian cara merawat ikan cupang, simak paparan yang dikutip dari The Spruce Pets, berikut ini.

Habitat

Foto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Foto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat.
Sebelum memutuskan untuk memelihara dan merawat ikan cupang, hal pertama yang harus diperhatikan adalah habitat ikan.

Untuk merawat ikan cupang, suhu dan kualitas air serta kondisi akuarium dan ikan lain di dalamnya perlu diperhatikan agar ikan nyaman tinggal dalam akuarium.

Berikut penjelasannya.

  • Suhu

Meski ukuran akuarium untuk merawat ikan cupang lebih kerap jadi perdebatan, sebenarnya ada satu masalah yang sering diabaikan saat merawat ikan cupang: suhu air.

Habitat alami ikan cupang adalah di negara tropis yang memiliki sawah luas atau kolam dangkal dengan aliran air yang lambat.

Untuk itu, ikan cupang perlu dipelihara dalam akuarium dengan air bersuhu hangat, sekitar 27 derajat Celsius, dan tidak bisa dibiarkan hidup dalam air bersuhu di bawah 24 derajat Celcius. Karena itu, sebaiknya ikan cupang tidak dipelihara di akuarium kecil yang suhunya lebih sulit dikendalikan.

  • Kualitas air akuarium

Cupang dikenal sebagai ikan yang dapat hidup dalam air dengan kadar oksigen terlarut yang rendah. Namun, itu tidak berarti ikan cupang membutuhkan oksigen yang lebih sedikit dibanding ikan lainnya.

Faktanya, ikan cupang memiliki sebuah organ pernapasan spesial yang membuatnya dapat menghirup udara langsung dari permukaan.

Organ khusus ini sangat penting. Dalam sebuah eksperimen, ikan cupang bisa mati kehabisan napas meski air di sekelilingnya penuh dengan oksigen.

Karena itulah, ikan cupang harus memiliki organ khusus yang membuatnya dapat menghirup udara langsung dari permukaan.

Lalu, air dalam akuarium harus tetap hangat dan memiliki pH netral atau sedikit asam agar ikan cupang tumbuh optimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com