Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Artificial Intelligence, Gerakan Olahraga Tetap Optimal Tanpa Personal Trainer

Kompas.com - 12/10/2022, 20:36 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi gaya hidup sehat, Fita memperkenalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mengoptimalkan gerakan penggunanya.

Fitur motion tracking ini membantu mendeteksi gerakan sehingga aktivitas olahraga di rumah menjadi lebih mudah sekaligus terjaga efektivitasnya.

"Perkembangan teknologi memungkinkan kami untuk melengkapi ragam exercise dengan teknologi AI, yang mampu mendeteksi gerakan olahraga agar lebih efektif," kata Reynazran Royono, Chief Executive Officer Fita, dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Kali ini, Fita menjadi aplikasi kesehatan pertama di Indonesia yang memperkenalkan teknologi tersebut sebagai pelengkap program olahraga kami," tambahnya.

Baca juga: Sewa Personal Trainer, Bantu Sukseskan Tujuan Kebugaran

Sering kali, terdapat kesalahan dalam aktivitas fisik yang dilakukan oleh pengguna ketika beraktivitas atau berolahraga tanpa menggunakan panduan langsung dari trainer.

Teknologi AI ini akan menggantikan salah satu peran offline trainer untuk mendeteksi gerakan dan memperbaiki form saat exercise dilakukan, sehingga dapat memperbaiki form pengguna.

Hal ini juga menghindarkan pengguna dari bad form saat exercise yang dapat menimbulkan cedera.

Teknologi AI dari aplikasi FitaFita Teknologi AI dari aplikasi Fita

Lebih lanjut, Reynazran menjelaskan bahwa Fita akan mengembangkan program olahraga untuk meningkatkan inklusivitas pengguna.

Dalam waktu dekat, Fita akan meluncurkan program workout Korean dance yang telah dilengkapi teknologi AI. 

Tujuannya agar dapat meningkatkan keinginan berolahraga bagi pengguna muda, millennials ataupun mereka yang menggemari korean culture.

Baca juga: Awet Muda Berkat Rajin Menari

“Dengan adanya fitur AI ini, kami harap dapat memberikan semangat baru kepada pengguna untuk memulai aktivitas gerak dengan berbagai kegiatan sehari-hari," terang Reza.

Lebih jauh, pengguna juga dapat berkonsultasi langsung dengan para coach melalui community chat untuk menentukan exercise plan yang sesuai dengan gaya hidup masing-masing.

"Semoga kami dapat selalu memenuhi kebutuhan pengguna dan membantu mereka untuk mencapai tujuan kesehatannya,” pungkasnya.

Baca juga: Platform Kesehatan Fita, Ajak Masyarakat untuk Hidup Sehat, Ditambah Reward

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com