Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips Membeli Sepatu Boots agar Kaki Tidak Sakit

Kompas.com - 13/10/2022, 08:04 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepatu boots selalu terlihat bagus dan dapat membuat penampilan kita menjadi lebih menarik. Namun, memakai sepatu boots yang kurang pas ternyata bisa mengganggu kesehatan kaki.

Menurut seorang dokter spesialis perawatan kaki, Dr Nicole Nicolosi, DPM, kesehatan kaki harus menjadi prioritas saat kita berbelanja alas kaki, karena keputusan kita dapat memiliki konsekuensi di masa mendatang.

Jadi, sebelum kita memutuskan membeli sepasang sepatu boots baru, pastikan untuk memilih sepatu yang tidak hanya mempercantik penampilan tetapi juga membuat kaki kita tetap sehat.

Pentingnya membeli alas kaki yang pas

Tanpa kita sadari, pemilihan alas kaki yang kurang pas ternyata bisa berkontribusi pada masalah kesehatan kaki seperti bunion atau hammertoes.

Selain itu, hal ini juga dapat membuat lutut, pinggul, dan punggung kita tertekan. Terlebih, mengenakan alas kaki yang tipis atau tidak pas dari hari ke hari akan berdampak buruk pada tubuh kita secara keseluruhan.

"Ini semua tentang keselarasan dan dukungan untuk kaki Anda," kata Nicolosi.

"Jika tidak pas, akan ada tekanan ekstra pada setiap langkah. Selain menyebabkan lecet, siring waktu, itu juga bisa menyebabkan kelainan bentuk kaki dan nyeri kronis," sambung dia.

Baca juga: Sepatu Boots Terbaik Buatan Indonesia, Mana Pilihanmu?

Cara memilih sepatu boots yang tepat

Dress boots dari Fortuna Shoes.DOK FORTUNA SHOES Dress boots dari Fortuna Shoes.
Mengetahui sepatu boots mana yang terbaik untuk kaki kita bisa menjadi hal yang mudah jika kita mengetahui dasar-dasarnya.

Secara umum, Nicolosi merekomendasikan kita untuk mencari sepatu boots yang dapat memberikan ruang bagi jari-jari kaki untuk melebar secara alami, menjadi fondasi yang kokoh untuk postur dan gerakan, serta tidak mudah bengkok atau terpelintir.

Di samping itu, kita juga bisa menggunakan lima kiat ini untuk membeli dan memakai sepatu boots dengan tepat:

1. Uji dukungannya

Seharusnya tidak mudah untuk membengkokkan sepatu boots dari belakang ke depan, atau dari sisi ke sisi. (Dan, ya, cobalah membengkokkannya di toko.)

Sepatu yang cenderung memiliki kekakuan tepas biasanya akan menurunkan risiko kita mengalami cedera kaki saat berjalan-jalan di sekitar kota.

2. Pilih insole yang nyaman

Tidak seperti sepatu lari, sepatu boots biasanya tidak memiliki bantalan yang empuk. Karenanya penting untuk mencoba terlebih dahulu dan memastikan bahwa insole, atau bantalan di dalam cukup nyaman untuk berjalan.

Jika tidak, kita bisa menambahkan insole yang banyak dijual terpisah, agar sepatu lebih nyaman dipakai.

Lakukan ini terutama jika kita memiliki neuropati diabetik atau gangguan saraf akibat penyakit diabetes yang ditandai dengan kesemutan, nyeri, dan mati rasa. Jadi, tambahkan insole ke sepatu boots untuk mengurangi tekanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com