Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Ruam Popok, Bisa Hambat Tumbuh Kembang Bayi

Kompas.com - 14/10/2022, 16:33 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Popok menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dipakai oleh bayi untuk menampung urine maupun feses setiap harinya.

Oleh sebab itu, menjaga agar popok tetap bersih dan nyaman dipakai si kecil sangatlah penting untuk mencegahnya dari masalah ruam popok.

Menurut seorang dokter spesialis anak, Dr S.T. Andreas Cristan Leyrolf, MKed (Ped), SpA, masalah ruam popok ini biasanya disebabkan karena adanya peradangan di kulit akibat infeksi atau pun kontaminasi.

Baca juga: Cara Menghemat Popok, Ramah di Kantong dan Tetap Aman bagi Bayi

Mengingat, kulit bayi belum memiliki elastisitas yang baik seperti orang dewasa dan masih rentan terhadap bakteri maupun jamur.

Selain itu, ruam popok juga dapat mengganggu aktivitas bayi yang sekaligus berdampak pada tumbuh kembangnya.

"Ruam popok ini memang menjadi masalah terbesar pada bayi, baik bayi baru lahir (newborn) sampai kurang lebih usianya 2 tahun," terangnya dalam acara peluncuran Makuku SAP Diapers Pro Care di JCC Senayan Jakarta, Kamis (13/10/2022).

"Masalah ini bisa mengganggu tidur anak di malam hari. Jadi kalau bayi rewel di malam hari, itu bisa mengindikasikan adanya ruam popok," sambung dia.

Andreas mengatakan, bayi yang kurang tidur biasanya memiliki penurunan aktivitas pada keesokan harinya, yang dapat membuat tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal.

"Kalau bayi sudah tidurnya kurang, otomatis aktivitas ketika bangun tidak bisa distimulasi. Kalau tidak bisa distimulasi perkembangannya juga tidak bagus," ungkap dia.

Baca juga: Viral Ganti Popok 200 Gram di TikTok, Ketahui Risikonya bagi Bayi

"Tidur yang kurang juga memengaruhi hormon pertumbuhan yang tidak baik dan berat badan juga jadi tidak naik," kata dia.

Peluncuran Makuku SAP Diapers Pro Care di JCC Senayan Jakarta, Kamis (13/10/2022).Makuku Indonesia Peluncuran Makuku SAP Diapers Pro Care di JCC Senayan Jakarta, Kamis (13/10/2022).
Memilih popok yang tepat

Tidak hanya memerhatikan kebersihan popok dan menggantinya setiap 2-3 jam sekali, namun para ibu juga disarankan untuk memilih popok yang benar-benar berkualitas untuk mencegah ruam popok terjadi pada anak.

"Prinsipnya popok itu tidak boleh terlalu tebal dan menggumpal. Apalagi jika dipakai untuk bayi yang usianya sudah lebih dari enam bulan, yang artinya sudah lebih aktif untuk merangkak, bermain, dan bergerak," ujar dia.

Baca juga: Punya Kuku Panjang, Cardi B Berbagi Cara Ganti Popok Bayi

Untuk membantu mencegah masalah ruam tersebut, merek popok Makuku pun meluncurkan inovasi popok generasi terbaru, yakni Makuku Sap Diapers Pro Care yang memiliki teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) pertama di Indonesia.

Makuku SAP Diapers Pro Care dirancang untuk membantu mengurangi risiko ruam popok yang sering dialami oleh si kecil.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com