Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jessica Iskandar Bagikan 3 Tips Memilih Popok Bayi Cegah Ruam

Kompas.com - 15/10/2022, 06:56 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai salah satu perlengkapan yang harus digunakan bayi setiap hari, tak jarang popok bisa menimbulkan masalah seperti ruam atau peradangan pada kulit.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Prevention and Treatment of Diaper Dermatitis, menunjukkan, sebanyak 50 persen bayi dengan usia di bawah 12 bulan kerap mengalami ruam atau dermatitis popok.

Apalagi, kulit bayi cenderung lebih sensitif dan belum memiliki elastisitas yang baik seperti orang dewasa, sehingga masih sangat rentan terhadap bakteri maupun jamur yang dapat menyebabkan ruam popok.

Baca juga: Dampak Ruam Popok, Bisa Hambat Tumbuh Kembang Bayi

Oleh sebab itu, penting sekali bagi para ibu untuk tidak hanya menjaga kebersihan dengan sering mengganti popok setiap 2-3 jam sehari, namun juga memerhatikan pemilihan popok yang tepat bagi si kecil.

Ditemui dalam acara peluncuran Makuku SAP Diapers Pro Care, aktris Jessica Iskandar yang belum lama ini melahirkan anak keduanya, Don Azaiah Jan Verhaag, menceritakan bagaimana pengalamannya menemukan popok yang tepat.

"Jadi, waktu anak pertama ku, El, masih bayi, perjuangan banget ya buat mencari popok yang cocok. Makanya selalu gonta ganti popok terus," kata dia di JCC Senayan Jakarta, Kamis (13/10/2022).

"Tapi saat baby Don lahir, aku sudah menemukan popok yang tepat dengan menggunakan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer), sehingga si kecil nyaman dan tidak rewel di malam hari," sambung Jessica.

Lantas, Jessica membagikan tips memilih popok bayi untuk mencegah ruam, terutama bagi para ibu yang baru pertama kali memiliki bayi.

1. Mudah menyerap

Dalam memilih popok, yang pertama kali diperhatikan oleh Jessica adalah bagaimana daya serap popok dapat berfungsi dengan baik.

"Buat aku yang paling penting dalam memilih produk popok itu harus yang mudah menyerap," terangnya.

"Jadi, kalau bayi pipis itu kan urinenya bisa terkena kulit dan itu bisa berbahaya. Makanya harus pilih popok yang mudah meneyerap," ujar dia.

2. Tidak gampang bocor

Selanjutnya adalah popok yang tidak gampang bocor.

Menurut Jessica, popok yang dapat mencegah ruam adalah yang tidak gampang bocor dan tidak menggumpal.

"Karena kalau misalnya saat tidur terus bocor itu pasti kan tidak nyaman di bayi," kata dia.

Baca juga: Ruam Popok pada Bayi, Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

"Apalagi, bayi aku kalau tidur juga selalu pakai AC, jadi kalau bocor, dingin bisa bikin masuk angin."

"Terus kalau popok menggumpal juga bisa menyebabkan iritasi yang akhirnya mengakibatkan ruam pada kulit bayi," jelas dia.

3. Tidak terlalu tebal

Jessica juga merekomendasikan para ibu untuk memilih popok yang tipis.

Dia mengungkapkan, popok yang tipis lebih memudahkan aktivitas bayi, memiliki penyerapannya lebih baik, dan tentunya mencegah ruam pada kulit bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com