Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Banyak yang Tahu, 7 Lagu Ini Ternyata Ditulis oleh Michael Jackson

Kompas.com - Diperbarui 24/10/2022, 06:55 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama berkarir hingga lebih dari empat dekade, Michael Jackson juga diketahui telah menulis lebih dari 150 lagu dan memproduseri sejumlah artis lintas genre.

Bahkan, pada tahun 80-an, Jackson sudah menulis dan memproduksi lagu dari beberapa penyanyi seperti Diana Ross, Jennifer Holliday, Rebbie bersaudara, LaToya dan Janet Jackson, Paul McCartney, dan masih banyak lagi.

Kolaborasi lainnya pun berlanjut dengan lagu amal USA for Africa tahun 1985 yang ditulis bersama Lionel Richie, yakni "We Are the World", lalu single The Jacksons tahun 1984 "State of Shock" yang menampilkan Mick Jagger.

Baca juga: Diderita Winnie Harlow hingga Michael Jackson, Kenali Vitiligo

Kemudian, ada pula "There Must Be More To Life Than This" yang merupakan proyek duetnya dengan Freddie Mercury dan "Whatzupwitu" dengan Eddie Murphy, dari album sang aktor pada tahun 1993 berjudul Love's Alright.

Selain koleksi lagu-lagu hits-nya, banyak orang yang tidak tahu bahwa Jackson juga menulis beberapa lagu ternama untuk musisi lain.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, inilah tujuh lagu musisi terkenal yang ternyata ditulis oleh legenda pop dunia, seperti yang dilansir dari laman American Song Writer.

1. It Had to Be dari The Brothers Johnson (1980)

Pembuatan lagu dari duo funk dan R&B ini bekerja sama dengan Michael Jackson.

The Brothers Johnson yang berbasis di Los Angeles, yang terdiri dari kakak-beradik George (Lightnin' Licks) dan Louis (Thunder Thumbs) Johnson, berkesempatan untuk menulis lagu bersama sang raja pop untuk album keempat mereka, Light Up the Night.

Selain ikut menulis lagu bersama Johnsons, Jackson juga memberikan backing vokal pada lagu It Had To Be.

2. Night Time Lover dari LaToya Jackson (1980)

Lagu Night Time Lover awalnya ditulis untuk Donna Summer dengan judul Fire Is the Feeling, tetapi berakhir di album self-titled LaToya Jackson.

Diproduseri dan ditulis bersama sang adik, Michael Jackson, yang juga bernyanyi di lagu tersebut, LaToya pun membawakan lagu tersebut di American Bandstand pada tahun 1980.

3. The Man dari Paul McCartney (1983)

Setahun setelah Michael Jackson merilis duetnya dengan Paul McCartney pada single The Girl Is Mine di album Thriller, mereka pun kembali bekerja sama.

Baca juga: Louis Vuitton Tarik Koleksi yang Terinspirasi dari Michael Jackson

Kali ini, Jackson membantu McCartney menulis beberapa lagu untuk album solo keempatnya, yakni Pipes of Peace, Say Say Say Say dan satu lagu yang mungkin kurang dikenal berjudul The Man.

Lagu The Man awalnya dijadwalkan sebagai single ketiga pada tahun 1984, setelah Pipes of Peace dan Say Say Say Say, tetapi ditunda setelah penangkapan Paul dan Linda McCartney di Bridgetown, Barbados karena kepemilikan ganja.

"The Man itu bisa berarti Tuhan, bisa berarti 'wanita, dengarkan priamu', dan itu bisa berarti banyak hal," kata McCartney tentang lagu tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com