Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Fashion Week 2023 Resmi Digelar, Bawa Semangat Reformasi Mode Tanah Air

Kompas.com - 24/10/2022, 18:41 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perhelatan Jakarta Fashion Week 2023 (JFW) resmi digelar hari ini di Jakarta, Senin (24/10/2023).

Bertempat di Pondok Indah Mall (PIM) 3, Jakarta, selama satu minggu ke depan, ratusan jenama dan desainer ternama bakal menampilkan koleksi teranyar mereka yang akan membawa semangat reformasi mode serta tren fashion di tahun depan.

Svida Alisjahbana, Chairwoman JFW mengatakan, penyelenggaraan JFW tahun ini terasa begitu spesial lantaran selama dua tahun sempat terhambat akibat pandemi.

Oleh karena itu, penyelenggaraan JFW tahun ini mengangkat tema "Fashion Reformation" yang diharapkan dapat membawa reformasi mode di masa mendatang.

"Memasuki tahun ke-15 penyelenggaraannya acara ini spesial karena sudah banyak yang dilalui di dunia."

"Fashion Reformation yang kami pilih karena tema ini mewakili industri mode yang terus beradaptasi dengan berbagai situasi."

"Kami berharap pandemi berakhir, melahirkan harapan baru dan industri fashion tetap bergerak dengan menyuguhkan tren mode dari Indonesia untuk dunia di tahun 2023,"

Demikian kata Svida dalam pembukaan JFW 2023 di PIM 3, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Face Shield Futuristik hingga Tas Serbaguna di Panggung JFW 2021 

Selama satu minggu ke depan, sekitar 116 desainer beserta jenama kenamaan akan memamerkan koleksi terbaru dengan total lebih dari 1.600 looks yang disuguhkan dalam 34 fashion show.

Deretan jenama yang bakal tampil di JFW 2023 antara lain Harry Halim, Jeffry Tan, Obin, Yosafat Dwi Kurniawan, Benang Jarum, Nada Puspita, Kami Idea, Buttonscarves, Sejauh Mata Memandang, Ria Miranda, Wilsen Willim dan masih banyak lagi.

Sementara tu, perancang mode dari IPMI (Ikatan Perancang Mode Indonesia) yang mengisi acara meliputi Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Chossy Latu, Ghea Panggabean, Andreas Odang, Denny Wirawan, Priyo Oktaviano, Eridani, Liliana Lim dan lain sebagainya.

Tidak ketinggalan pula ada tiga perancang mode internasional yang turut meramaikan runaway, mereka adalah Ngali by Denni Francisco dari Australia, serta St. Ego dan Doucan dari Korea Selatan.

Pembukaan Jakarta Fashion Week 2023, di Pondok Indah Mall (PIM) 3, Jakarta, Senin (24/10/2022)KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Pembukaan Jakarta Fashion Week 2023, di Pondok Indah Mall (PIM) 3, Jakarta, Senin (24/10/2022)

Sementara itu, salah satu yang paling ditunggu dari Jakarta Fashion Week setiap tahunnya adalah segmen Dewi Fashion Knights.

Segmen tersebut merupakan persembahan dari Majalah Dewi, Dewi Fashion Knights menghadirkan deretan perancang mode terbaik Indonesia dengan tema tersendiri yang berkesinambungan dengan tema utama JFW 2023.

Dewi Fashion Knights tahun ini akan mengusung dua kategori, yakni kategori High End Ready to Wear bertema Fashion Mutation yang diterjemahkan dalam koleksi-koleksi apik karya Peggy Hartanto, Sean Sheila, serta Aidan and Ice, disusul dengan kategori adibusana pada malam penutup bertema Future Couture yang akan menampilkan karya terbaik dari Rinaldy A. Yunardi, Yogie Pratama, dan Stella Rissa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com