Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Menggunakan Skincare yang Tepat di Pagi dan Malam Hari

Kompas.com - 26/10/2022, 13:30 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini rutinitas skincare menjadi salah satu hal yang wajib dan penting untuk dilakukan sebelum memulai maupun mengakhiri aktivitas setiap harinya.

Namun, tak jarang juga banyak orang yang belum benar-benar memahami langkah-langkah penggunaan skincare dengan tepat.

Nah, menurut dokter spesialis kulit dan pendiri Manhattan Dermatology di Manhattan Beach, California, Dr Ashley Magovern, MD, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan skincare -apa pun jenis kulitnya- kita harus mulai dengan tiga langkah sederhana.

Tiga langkah itu adalah membersihkan (cleanse), merawat (treat), dan melembapkan (moisturize).

Baca juga: Simak, 4 Bahan Skincare yang Harus Dihindari Penderita Eksim

Selain menjaga kulit dalam kondisi prima, tujuan dari rutinitas skincare yang baik juga menargetkan area yang bermasalah.

"Jadi, merawat berarti memasukkan serum atau krim yang dikemas penuh dengan bahan-bahan perawatan kulit yang bermanfaat seperti vitamin C, retinol, asam alfa hidroksi, dan lainnya, tergantung pada jenis kulit dan hasil yang diinginkan," jelasnya.

"Menambahkan langkah tengah di antara komponen pembersihan dan pelembap sangat penting."

"Hal ini dapat membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu, baik dalam kesehatan, penampilan, dan anti penuaan," sambung dia.

Urutan penggunaan skincare di pagi hari

Seperti yang dilansir dari laman Good Housekeeping, para ahli dermatologi pun membagikan rejimen skincare yang dapat diaplikasikan di rumah setiap pagi.

1. Cleanser atau pembersih wajah

Membersihkan wajah harus menjadi langkah pertama dalam rutinitas skincare, karena kotoran dan minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori maupun kulit kusam.

Baca juga: Tips Membaca Label Kandungan Skincare untuk Perawatan Kulit Terbaik

"Terlalu banyak orang membersihkan terlalu banyak atau terlalu sering atau dengan pembersih yang terlalu keras, yang sebenarnya merusak pelindung kulit," kata Magovern.

Jika kita memiliki kulit kering atau sensitif, cobalah mencuci hanya pada malam hari dan membilas wajah dengan air di pagi hari.

Formula terbaik akan membersihkan kulit dengan lembut tanpa menghilangkan minyak sehatnya.

"Pembersih bebas sulfat dan sabun (yang baik) untuk wajah akan memiliki pH seimbang dan lembut untuk menjaga penghalang kulit tanpa menghilangkan minyak," kata dokter spesialis kulit dan penulis The Beauty of Dirty Skin, Dr Whitney Bowe, MD.

Untuk pembersihan sehari-hari, berikut cara membeli pembersih wajah terbaik tergantung pada jenis kulit:

• Kulit berminyak: Pembersih berbusa atau gel akan memastikan pengangkatan kotoran dan minyak berlebih dari kulit secara memadai.

Bahan-bahan seperti niacinamide dan asam salisilat dapat membantu mengatur dan menghilangkan minyak berlebih.

• Kulit yang rentan berjerawat: Pembersih berbusa yang lembut dengan bahan-bahan yang melawan jerawat seperti asam salisilat, asam glikolat, benzoil peroksida, atau sulfur adalah pilihan terbaik.

• Kulit kering: Carilah formula krim atau gel dengan bahan-bahan yang menghidrasi seperti ceramide, gliserin, asam hialuronat, dan minyak botani.

• Kulit sensitif: Cobalah micellar water, pembersih ultra-lembut yang mengandung partikel-partikel kecil yang disebut misel, yang memerangkap kotoran dan mengangkatnya tanpa mengeringkan kulit.

2. Toner

Toner adalah cairan perawatan kulit berbahan dasar air yang dioleskan pada kulit kering setelah pembersihan wajah menggunakan jari, bola kapas atau kain, dan sebelum menggunakan perawatan kulit lainnya seperti serum dan pelembap.

Toner yang baik dapat membantu memastikan kulit benar-benar bersih dan bebas dari kotoran, serta memberikan dosis ekstra bahan aktif.

Baca juga: 5 Kesalahan Layering Skincare yang Bikin Iritasi

"Kita sebenarnya tidak terlalu memerlukan toner, tetapi mengaplikasikannya bisa menjadi cara yang bagus untuk menyegarkan kulit, menghilangkan sisa kotoran, dan menyeimbangkan pH," kata Magovern.

Dan jika kita mencari manfaat tambahan untuk mencerahkan kulit, toner saat ini jauh lebih canggih daripada formula berbasis alkohol dan astringen yang mengeringkan dahulu kala.

Berikut adalah bahan-bahan toner yang harus dicari berdasarkan jenis kulit kita:

• Jika kita memiliki kulit berjerawat, carilah toner dengan asam hidroksi, termasuk asam salisilat dan asam laktat yang dapat meningkatkan pergantian sel.

• Untuk kulit kering atau sensitif, carilah toner yang menghidrasi (atau essence) yang dibuat tanpa alkohol dengan bahan-bahan seperti gliserin dan asam hialuronat untuk menenangkan kulit.

• Untuk kulit kombinasi, carilah eksfolian yang lembut, penguat hidrasi, dan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, serta teh hijau yang dapat memerangi radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit.

• Untuk kulit berminyak, carilah astringen seperti alkohol atau witch hazel yang mampu mengencangkan pori-pori.

3. Serum

Serum yang disesuaikan dengan masalah kulit dapat mengobati dan melindungi kulit.

Selain itu, bahan-bahan yang kuat juga dapat mengatasi sejumlah masalah kulit, mulai dari keriput hingga bintik-bintik hitam.

Dan jika kita memiliki beberapa masalah, iita dapat menggunakan beberapa formula serum yang berbeda.

Tetapi, kita harus membaca labelnya dengan cermat, karena beberapa serum paling baik digunakan di pagi hari, sementara yang lain ideal untuk malam hari.

Satu serum yang dapat dimanfaatkan semua orang di pagi hari adalah yang mengandung antioksidan untuk mencegah pembentukan radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan dari waktu ke waktu.

Baca juga: Tren Skincare Milik Artis, Benar Bermanfaat atau Sekadar Aji Mumpung?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com