Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Uniqlo Suguhkan Belanja Pakaian Serasa di Jepang

Kompas.com - 30/10/2022, 08:45 WIB
Reni Susanti,
Wisnubrata

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Perusahaan ritel global asal Jepang Uniqlo membuka gerai barunya di Bandung. Berbeda dengan gerai yang sudah ada, gerai baru ini mengusung konsep seperti toko Uniqlo di Jepang.

"Konsep ini baru, pertama di Indonesia. Namanya Uniqlo Heritage Bandung," ujar Public Relations Uniqlo Indonesia, Yulia Rachmawati di Bandung, Minggu (30/10/2022).

Yulia menjelaskan, biasanya gerai Uniqlo ada di dalam mal. Namun kali ini, pihaknya ingin memberikan kemudahan bagi pelanggan karena letak gerai berada di samping jalan raya, tepatnya di Jalan Riau (RE Martadinata) Bandung yang menjadi kawasan perbelanjaan Kota Bandung dan lokasi heritage.

Dengan cara ini, masyarakat yang ingin langsung membeli produknya bisa lebih mudah langsung masuk ke toko, tidak perlu masuk dulu ke mal.

Uniqlo Heritage Bandung merupakan toko keempat di Bandung dan toko ke-53 di Indonesia.

Terdiri dari dua lantai seluas 2530 meter persegi, toko ini menyediakan berbagai koleksi lifewear dari mulai atasan, bawahan, innerwear, loungewear, t-shirt.

Ada pula UT yang berkolaborasi dengan Disney, New York Weekend Trip, Marvel’s Spider-man 60 Amazing Years, University Logo, dan lainnya.

Hal unik lainnya dari gerai ini adalah tempat pemajangan produk lokal Kota Bandung yang dinamakan #BandungNeighborhood.

Di sini terdapat instalasi UKM terpilih sebagai bentuk promosi. Tujuannya untuk membangun kerja sama kolaborasi dan memberikan kesempatan kepada produk lokal lebih dikenal.

"Dari 35 UKM terkurasi 6 UKM yang ditampilkan di Uniqlo," ujar Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Yana berharap, ketika sudah masuk pasar besar, produk lokal asli Kota Bandung mampu naik kelas sehingga memberikan kesejahteraan bagi para pelaku UKM.

Di samping itu, meskipun wacana 2023 masuk pada resesi global, Yana optimistis, UKM merupakan salah satu produk yang tahan terhadap resesi juga pandemi.

"Katanya tahun 2023 resesi global, kami (Pemkot Bandung) tetap yakin UMKM itu paling tahan resesi dan pandemi," ujarnya.

Presiden Direktur PT Fast Retailing Indonesia, Naoki Kamogawa menyampaikan, hadirnya produk UKM Kota Bandung di Uniqlo dapat mempopulerkan UKM tersebut di toko Uniqlo.

"Pemilihan produk yang ditampilkan akan dikaji setiap satu tahun sehingga memberikan kesempatan lebih banyak bagi UKM lain untuk ditampilkan," ujarnya.

Baca juga: Uniqlo X Christophe Lemaire Usung Keserbagunaan dalam Koleksi Fall/Winter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com