Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari, Ulkus Lambung sampai Sembelit

Kompas.com - 01/11/2022, 08:34 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Sakit perut merupakan suatu gejala yang bersifat episodik dan dapat terjadi kapan saja. Tapi orang-orang sering mengeluh ketika muncul saat pagi hari.

Penyebab sakit perut di pagi hari mungkin bisa disebabkan sesuatu yang sederhana, seperti sembelit, reaksi pergerakan usus atau gas lambung.

Tapi pada beberapa kasus, apalagi jika disertai dengan gejala lainnya, maka kondisi itu perlu ditindaklanjuti agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah.

Baca juga: Waspadai, Ini 10 Penyebab Sakit Perut Setelah Makan 

Penyebab sakit perut saat pagi

Ilustrasi sakit perut kanan atas, nyeri perut kanan atas, penyebab sakit perut kanan atas, kenapa perut kanan atas sakit.Shutterstock/jaojormami Ilustrasi sakit perut kanan atas, nyeri perut kanan atas, penyebab sakit perut kanan atas, kenapa perut kanan atas sakit.

Meski gejala sakit perut saat pagi kemungkinan tidak disebabkan oleh suatu kondisi yang mengkhawatirkan, namun jika kondisi itu terus berlanjut selama beberapa hari, maka penyebabnya perlu diketahui lebih lanjut dan tidak boleh diabaikan.

Segera mencari bantuan medis jika sakit perutnya disertai dengan beberapa gejala yang mungkin disebabkan oleh penyakit tertentu.

Melansir dari laman Healthline, berikut penyebab sakit perut yang sering muncul di pagi hari.

1. Ulkus pada lambung

Ulkus atau luka pada lambung dapat terjadi di lapisan perut. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang terjadi di bagian tengah perut, di ruang antara dada dan pusar.

Penyebab ulkus bisa diakibatkan oleh bakteri, konsumsi obat antiinflamasi secara rutin, sampai efek samping dari obat-obatan tertentu.

Nyeri yang ditimbulkan sebenarnya dapat dirasakan kapan saja, namun peningkatan risiko nyeri sering terjadi saat pagi, terutama ketika perut masih dalam keadaan kosong.

2. Sindrom iritasi usus besar

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah suatu kondisi yang memengaruhi usus besar. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit di perut kanan atau kiri bagian bawah.

Gejala lain yang termasuk IBS ini meliputi diare, sembelit, gas lambung berlebihan, lendir tinja, kembung.

Penyebab kondisi itu terjadi bisa diakibatkan oleh makanan tertentu atau stres yang dirasakan seseorang.

Baca juga: 11 Gangguan Sistem Pencernaan dan Cara Mengatasinya

3. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus (IBD) adalah istilah umum untuk menggambarkan dua kondisi, seperti penyakit crohn dan kolitis ulserativa.

Dua penyakit tersebut mengakibatkan sensasi nyeri atau sakit perut di sekitar pusar atau perut kanan bawah dan biasanya muncul pada pagi hari.

Halaman:
Sumber Healthline


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com