BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Molto

Punya Waktu Terbatas tapi Harus Tampil Profesional Saat Meeting dengan Klien, Bisa!

Kompas.com - 02/11/2022, 10:31 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Penampilan merupakan hal penting bagi tiap orang. Terlebih, bagi para pekerja yang selalu bertemu dengan klien.

Seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik, sebagian besar pekerja sudah kembali bekerja seperti sebelumnya. Meeting atau bertemu dengan klien secara langsung pun mulai jadi rutinitas.

Tak jarang, dalam satu hari, meeting bisa saja dilakukan beberapa kali di berbagai tempat. Ditambah lagi, kebiasaan meeting secara virtual tetap ada. Hal ini membuat rutinitas menjadi lebih padat.

Baca juga: Wajib Tahu, 8 Etika Meeting Online yang Sering Dilupakan

Padatnya rutinitas, termasuk menghadiri berbagai meeting, dalam satu hari tak jarang membuat Anda kewalahan. Belum lagi perkara pakaian kusut akibat mobilitas. Padahal, selalu tampil rapi penting agar Anda tampak profesional di depan klien.

Pasalnya, penampilan yang profesional akan memberikan kesan baik, terlebih pada pertemuan pertama. Dengan memberikan kesan baik, kesepakatan dan kerja sama dengan klien pun semakin terbuka lebar.

Agar dapat tampil profesional saat meeting, baik daring maupun luring, simak tips berikut.

1. Berkomunikasi dengan baik

Saat pertama kali bertemu dengan klien, Anda bisa mencairkan suasana dengan mengobrol santai mengangkat topik sederhana. Misalnya, mengenai cuaca hari tersebut atau isu yang tengah banyak dibicarakan. Namun, perlu diingat, bahaslah topik tersebut dengan positif.

Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada klien soal bisnisnya untuk membangun obrolan santai. Sebab, pebisnis biasanya gemar menceritakan pengalaman mereka. Pastikan Anda mendengarkan cerita dengan saksama.

Baca juga: Jurus Anti Grogi agar Meeting Percaya Diri

Jika suasana sudah cair, Anda dapat melakukan presentasi dengan lebih percaya diri. Pada bagian ini, pastikan Anda telah menguasai materi yang akan disampaikan dengan matang.

Selain itu, siapkan juga beberapa jawaban atas rangkaian pertanyaan yang kerap ditanyakan. Jangan sampai Anda terlihat gugup saat menerima pertanyaan dari klien.

2. Pastikan alat kerja berfungsi

Sebelum meeting, baik luring maupun during, Anda harus memastikan alat kerja dan perangkat teknologi yang digunakan berfungsi dengan baik.

Pengecekan bisa dilakukan sebelum berangkat ke lokasi meeting, misalnya di rumah. Elemen-elemen yang harus dipastikan berfungsi di antaranya baterai laptop atau tablet. Pastikan dayanya cukup untuk melakukan presentasi. Berikutnya, cek kembali file yang akan dipresentasikan merupakan file terbaru.

Hal tersebut juga berlaku untuk meeting secara daring. Namun, ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan saat meeting daring, seperti jaringan internet yang stabil.

Baca juga: 6 Tips Tampil Profesional saat Zoom Meeting biar Nggak Malu-maluin

Selain itu, untuk tampil profesional, posisikan kamera Anda setinggi mata. Dilansir dari forbes.com, posisi tersebut akan membuat klien merasa seperti Anda sedang melihat mereka.

Terakhir, pastikan earphone atau headset Anda berfungsi dengan baik. Agar tidak mengganggu percakapan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jenis headset yang dilengkapi dengan fitur peredam kebisingan.

3. Gunakan riasan dan aksesori simpel

Bagi kaum hawa, penggunaan riasan wajah dan aksesori dapat meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, Anda akan tampil lebih profesional di mata klien.

Jika jadwal meeting berlangsung seharian, Anda bisa merias wajah pada pagi hari. Aplikasikan riasan mata, perona pipi, eyeliner, dan lipstik dengan warna natural.

Pilih riasan yang ringan untuk menampilkan kesan wajah yang segar. Hal sama juga berlaku meeting secara daring.

Kemudian, jangan lupa untuk mengecek riasan wajah sebelum memulai meeting berikutnya. Jika perlu, Anda dapat memberikan touch-up riasan sebelum meeting.

Berikutnya, untuk menunjang penampilan, Anda bisa menggunakan aksesori simpel. Diberitakan Kompas.com, Senin (18/07/2022), seorang influencer di bidang fesyen asal Jerman, Leonie Hanne, menyarankan untuk menggunakan aksesori secukupnya.

Ia menyarankan kalung emas sederhana untuk memberikan look yang elegan. Selain itu, pilihlah anting kecil agar tidak mengganggu telinga saat memakai earphone.

Menurutnya, penggunaan aksesori berlebihan, seperti gelang bertumpuk atau kalung besar dapat menimbulkan suara bising yang berpotensi mengganggu atau mengalihkan perhatian ketika meeting berlangsung.

Baca juga: Cerita Hamish Daud Ditegur Raisa karena Meeting sampai Subuh

4. Kenakan pakaian yang rapi

Terkait dengan penampilan, sebaiknya Anda kenakan pakaian yang rapi saat bertemu dengan klien. Pilihlah kemeja atau blus dengan warna netral untuk memberikan kesan yang profesional. Anda juga dapat menggunakan bawahan dan blazer dengan warna senada.

Untuk meeting daring, pilihlah atasan polos tanpa motif dan hindari motif yang kecil-kecil. Pasalnya, ukuran motif yang terlalu kecil dapat mengganggu penampilan di depan kamera.

Namun, hal yang paling penting adalah pastikan pakaian yang Anda kenakan tidak kusut. Pasalnya, pakaian yang kusut akan memberi kesan yang tidak profesional.

Maka dari itu, setrikalah pakaian sebelum Anda kenakan. Namun, jika tidak memiliki cukup waktu untuk menyetrika, Anda dapat menggunakan Molto Anti Kusut Spray.

Dengan teknologi Triple Care Serum, Molto Anti Kusut Spray dapat membuat pakaian antikusut secara instan.

Produk tersebut juga dilengkapi dengan teknologi Malodour Counter Action dan Enkapsul Parfum yang membuat wangi pada pakaian lebih tahan lama.

Baca juga: Ingin Lemari Pakaian Rapi dan Luas? Buang 5 Barang Ini

Cara penggunaannya juga mudah. Cukup semprotkan Molto Anti Kusut Spray dengan jarak 20 centimeter (cm) pada bagian pakaian yang kusut. Kemudian, rapikan permukaan pakaian dengan cara diusap dengan tangan. Dalam sekejap, pakaian jadi antikusut tanpa perlu disetrika.

Hadir dengan kemasan 100 mililiter (ml), Molto Anti Kusut Spray mudah dibawa ke mana saja. Anda pun dapat membawanya di dalam tas.

Dengan begitu, ketika pakaian tidak sengaja kusut sebelum meeting, Anda dapat menyemprotkan Molto Anti Kusut Spray untuk penampilan lebih profesional.

Anda bisa mendapatkan Molto Anti Kusut Spray di Grab Mart dan Grab Mart Kilat dengan harga promosi, mulai dari Rp 15.000.

Baca juga: 5 Jenis Perawatan untuk Pria, Demi Penampilan Rapi dan Keren

Selain itu, Anda juga bisa mencoba langsung Molto Anti Kusut Spray yang tersedia pada 1.000 mobil GrabCar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir baju kusut saat perjalanan menuju lokasi meeting. #Percaya setelah turun mobil, baju tidak kusut dan meeting dapat berjalan dengan lancar. #AntiKusutAntiRibet dengan Molto Anti Kusut Spray.

Itu empat tips tampil profesional saat meeting dengan klien yang bisa Anda ikuti. Dengan mengikuti tips tersebut, tak hanya menghasilkan kerja sama, Anda juga akan memberikan kesan baik yang membekas lama di mata klien.

 

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com