Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2022, 12:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Dapur yang sehari-hari digunakan untuk mengolah dan menyajikan makanan ada baiknya dijauhkan dari tikus supaya terjaga higienitasnya.

Pasalnya, tikus yang telanjur bersarang di dapur dapat mencuri makanan bahkan berisiko menularkan penyakit lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh tikus, antara lain hantavirus, penyakit pes, lymphocytic choriomeningitis, demam gigitan tikus, hingga leptospirosis.

Baca juga: Awas, Tikus Bisa Tularkan Leptospirosis, Penyakit Apa Itu?

Hewan pengerat tersebut bisa menularkan penyakit ke manusia dengan cara menggigit atau melalui urine, feses, serta air liurnya yang masuk ke makanan dan minuman.

Makanan yang mengundang tikus di dapur

Salah satu cara untuk mencegah tikus bersarang di dapur adalah menyimpan makanan-makanan tertentu yang disukai hewan pengerat ini supaya tidak dimakan olehnya.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya diperhatikan dan disimpan baik-baik supaya tidak mengundang tikus bersarang di dapur. Mau tahu?

1. Biji-bijian

Biji-bijian yang seringkali digunakan sebagai topping salad, smoothie, atau camilan ternyata disukai oleh tikus sebagai sumber makanannya.

Baca juga: 8 Cara Cepat Mengusir Semut dari Dapur

Oleh sebab itu, kemungkinan tikus bersarang di dapur semakin tinggi apabila biji-bijian yang ditaruh di dapur tidak disimpan dengan cara yang benar.

Untuk mencegah kemungkinan tersbeut, penghuni rumah disarankan menyimpan biji-bijian, seperti lentil, chia, kuaci, barley, atau oatmeal, di dalam wadah plastik keras kedap udara.

Kacang dan biji memiliki arti, jenis, dan kandungan nutrisi yang berbeda dan direkomendasikan untuk diet alkaline.FREEPIK/8photo Kacang dan biji memiliki arti, jenis, dan kandungan nutrisi yang berbeda dan direkomendasikan untuk diet alkaline.
Wadah keras yang terbuat dari plastik lebih direkomendasikan untuk mencegah tikus yang suka menggerogoti daripada menyimpan biji-bijian di kotak kertas atau bungkus polastik.

2. Makanan hewan peliharaan

Makanan anabul yang berceceran di lantai, tempat makan hewan peliharaan yang tidak dicuci, atau makanan mereka yang tidak disimpan dengan benar dapat mengundang tikus masuk rumah.

Karena alasan itulah manajer pengendalian hama di Trad's Pest Control, Denise Trad Wartan, meminta penghuni rumah untuk memasukkan makanan hewan peliharaan di wadah plastik keras.

Tujuannya supaya bau dari makanan hewan peliharaan tidak mudah keluar dari wadah penyimpanan dan tikus sulit mengaksesnya.

Baca juga: Waspadai, 5 Kerusakan akibat Tikus Bersarang di Rumah

3. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran menjadi bahan makanan yang penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Namun, hewan pengerat seperti tikus ternyata juga menyukai buah dan sayuran sebagai sumber makanannya.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com