Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dibawa Dalam Pesawat ke Luar Negeri

Kompas.com - 04/11/2022, 11:39 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita perlu memperhatikan setiap barang yang dibawa, terutama makanan ketika bepergian naik pesawat dengan tujuan internasional.

Sebab ada beberapa negara yang melarang pengunjung yang masuk ke negara tersebut  membawa makanan atau minuman tertentu.

Jangan sampai kejadian yang dialami pria asal Indonesia berikut ini sempat kita alami.

Baca juga: Kemana Perginya Makanan Pesawat yang Tidak Habis? 

Turis didenda dan dideportasi dari Australia

Akhir Oktober lalu, pria yang tidak disebutkan namanya itu bepergian dari Indonesia menuju Perth menggunakan pesawat terbang.

Namun ia diperiksa petugas imigrasi Australia, didenda Rp 26 juta dan dideportasi karena mencoba membawa makanan yang dilarang.

Menurut laporan Perthnow, pria tersebut membawa lebih dari 500 gram daging sapi beku, 800 gram ayam, 3,1 kg telur bebek dan 1,4 kg daging rendang.

Alasan di balik denda dan deportasi dari pihak Australia itu lantaran pria tersebut melanggar aturan keamanan pangan atau biosekuriti dengan membawa daging dalam jumlah besar dari negara yang tengah dilanda penyakit kuku dan mulut (PMK).

Di dalam kartu penumpang, pria tersebut juga tidak mengaku kalau dia membawa daging, unggas atau makanan lain ke negara itu.

Akibat sudah melanggar aturan dari Australia, visa yang dimiliki pria tersebut dibatalkan, sekaligus kena denda dan dideportasi.

Baca juga: Hindari Bawa 5 Jenis Makanan Ini ke Dalam Pesawat, Ada Aturan Khusus

Makanan yang dilarang selama penerbangan

Ilustrasi wine.Dok.Shutterstock/Ievgenii Meyer Ilustrasi wine.

Jika ada rencana untuk bepergian ke luar negeri, ada baiknya jika kita memerhatikan lagi setiap barang bawaan yang dibawa.

Jangan sampai kita sudah repot-repot membelinya, malah yang ada barang itu dilarang masuk ke negara tersebut, atau bisa jadi kita terkena denda.

Secara umum di dalam penerbangan, ada sejumlah makanan yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat dengan jumlah besar, berikut daftarnya;

1. Minuman beralkohol

Beberapa negara melarang para penumpang pesawat untuk membawa minuman beralkohol dalam ukuran besar.

Minuman tersebut meliputi vodka, wine, bir, wiski dan lain sebagainya. Jika ingin membawanya, lebih baik bawalah di dalam kabin dan dengan botol kecil atau paling tidak berukuran 100 ml.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com