Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kandungan DHA pada Susu Formula Bisa Meningkatkan IQ Anak?

Kompas.com - 07/11/2022, 05:14 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Parent

KOMPAS.com - Mungkin kita sering melihat tidak sedikit produk pangan anak yang mengandung DHA (docosahexaenoic acid) yang dikatakan dapat meningkatkan IQ atau intelligence quotient anak. 

Mulai dari suplemen tambahan hingga susu formula yang dijual di pasaran kerap dilabeli dengan tambahan omega-3 atau DHA yang bersumber dari ikan, minyak ikan atau sumber pangan lainnya.

Sebagian besar produk tersebut mengklaim manfaatnya dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Namun, apakah nutrisi tersebut berdampak signifikan dalam menunjang kecerdasan?

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Menurunkan IQ, Sebaiknya Hindari dari Sekarang 

Fakta suplemen DHA untuk kecerdasan IQ

Melansir dari laman Parent.com, selama masa kehamilan dan beberapa tahun pertama kehidupan anak, DHA terakumulasi di otak anak dan retina mata.

Kandungan nutrisi ini memainkan peran penting dalam perkembangan saraf dan penglihatan anak.

Maraknya asupan DHA pada produk anak seperti susu formula pun baru terlihat di tahun 1990-an setelah ada penelitian yang mengungkapkan bahwa bayi yang diberi susu formula memiliki tingkat DHA yang lebih rendah daripada bayi yang mengonsumsi ASI.

Pada saat itu, para ahli menyarankan bahwa menambahkan DHA ke dalam susu formula dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak sekaligus perkembangan indra penglihatannya.

Anggapan ini pun meluas hingga banyak bermunculan produk anak seperti susu formula yang dilengkapi oleh sumber asam lemak omega-3.

Kemudian Food and Drug Administration (FDA) AS di tahun 2002 pun menyetujui penambahan DHA ke dalam susu formula bayi.

Meski demikian, pada studi baru (di tahun 2017) menunjukkan bahwa manfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak dari suplemen DHA itu tidak selalu berdampak signifikan.

Baca juga: Cara Tepat Menyiapkan Susu Formula untuk Si Kecil

Ilustrasi susu formula untuk bayi. SHUTTERSTOCK/DIMA SOBKO Ilustrasi susu formula untuk bayi.

Menurut sebuah artikel yang dipublikasi oleh New York Times, sebuah studi dari beberapa penelitian yang dipublikasi oleh Cochrane Neonatap Group menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang jelas kalau tambahan DHA pada susu formula memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan IQ anak.

Studi tersebut menggabungkan data dari 15 penelitian terkontrol secara acak dan menjadi meta-analisis yang melibatkan 1.900 anak-anak pada usia bayi hingga pertengahan masa kanak-kanak.

Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat DHA hanya memengaruhi sebagian kecil dari indra penglihatan dan kecerdasan kognitif pada anak.

Ketika hasil penelitian lain digabungkan, maka para peneliti menyimpulkan bahwa tidak ada pola yang jelas terkait manfaat dari tambahan DHA ke dalam susu formula.

Halaman:
Sumber Parent
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com