Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begitu Sulit Lupakan Mantan? Mungkin Ini Alasan Psikologisnya

Kompas.com - 08/11/2022, 17:30 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Dari sekian hubungan yang pernah dijalani, mungkin ada satu sosok mantan kekasih yang begitu sulit untuk dilupakan.

Kita masih terkenang dengan berbagai momen istimewa yang pernah dijalani bersama, begitu pula dengan berbagai sifat baiknya.

Tak jarang ingatan soal mantan terindah ini masih membayangi meskipun kita sudah menjalin hubungan baru dengan orang lain.

Baca juga: Tepergok Stalking Media Sosial Mantan? Jangan Panik, Ini Solusinya

"Dalam hubungan, ada sejumlah pengalaman ikatan yang dapat mengikat pasangan secara emosional dan membuat perpisahan sulit untuk ditanggung dalam jangka pendek dan jangka panjang," kata psikolog klinis Carla Marie Manly, PhD.

"Bahkan ketika romansa telah berjalan dengan sendirinya dan pasangan merasakan rasa penutupan dengan hubungan itu, pikiran mantan pasangan bisa muncul karena kenangan itu masih ada," tambahnya.

Sosok mantan terindah yang sulit dilupakan

"Kenangan tentang hubungan kita sebelumnya tidak selalu bisa kita kendalikan seperti yang disangka." terang Manly.

Secara alami, kenangan itu akan lebih dalam pada seseorang yang memiliki perasaan sangat kuat terhadap mantan pasangannya itu, baik romansa janka panjang maupun pendek.

Kenangan tersebut dapat dibangkitkan bertahun-tahun ke depan bahkan oleh pemicu yang paling sederhan, seperti wewangian atau lagu.

Baca juga: 4 Alasan Kuat untuk Tak Balik ke Pelukan Mantan Pacar

Ketika kita berusaha menghindari pemicunya secara sadar, tak jarang kenangan akan mantan tersebut muncul dalam mimpi saat tidur.

“Saat kita tidur, pikiran kita kembali ke buku cerita masa lalu kita,” kata Manly.

Terlepas riwayat percintaan kita dengan mantan tersebut maupun alasan perpisahaannya, ada sejumlah faktor yang membuat kita sulit menghilangkan kenangan tersebut.

Ini ada kaitannya dengan kepribadian dan temperamen kita serta sifat hubungan itu yang membuatnya terus ada di ingatan, secara psikologis.

Apa saja?

Golongan overthinker

Tak sedikit wanita yang pada akhirnya menjadi stres karena terus memikirkan cara cepat hamil.SHUTTERSTOCK Tak sedikit wanita yang pada akhirnya menjadi stres karena terus memikirkan cara cepat hamil.
Jika kita cenderung overthinking pada segala sesuatunya maka sosok mantan kekasih juga termasuk di dalamnya.

Dalam hal ini, ini berkaitan dengan coping mechanism kita yang berupa kebiasaan analisis berlebihan terhadap hal yang terjadi dalam hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com