Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Mudah dan Aman Berbelanja Online di TikTok Shop

Kompas.com - 09/11/2022, 20:02 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belanja secara online kini menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan mudah dan cepat.

Tidak heran jika semakin banyak tempat berbelanja online seperti e-commerce yang muncul dan menghadirkan berbagai kebutuhan, salah satunya TikTok Shop.

Karena terintegrasi penuh dengan aplikasi TikTok, platform e-commerce ini pun tidak hanya sekadar menjual produk, tetapi juga menyajikan konten-konten yang menghibur untuk membuat pengalaman berbelanja semakin menarik.

Baca juga: Arti Kata Jamet yang Viral di TikTok, Jangan Sembarangan Diucapkan

"Sesuai dengan konsep shoppertainment, TikTok Shop menghadirkan fitur-fitur yang mendukung pengguna untuk menikmati konten yang menghibur terlebih dulu, kemudian baru mengajak mereka untuk berbelanja, seperti fitur live stream dan video pendek."

Demikian penuturan Desey Muharlina Bungsu, Fashion Category Lead TikTok Shop Indonesia, saat acara konferensi pers di Penang Bistro Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (8/11/2022).

"Dengan fitur shoppable live stream, penjual dan pembeli juga bisa berinteraksi dua arah untuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai produk yang ditawarkan," sambung dia.

Tips berbelanja di TikTok Shop

Bagi para pengguna TikTok yang baru pertama kali ingin mencoba berbelanja di TikTok Shop, Desey pun membagikan beberapa tips yang dapat dicoba sebagai berikut.

1. Mengikuti brand yang disuka

Menurut Dessey, setiap orang tentu memiliki preferensi brand masing-masing.

Nah, untuk itu, para pengguna bisa langsung mencari brand yang disuka dan mengikutinya.

"Kalau sudah di-follow, biasanya brand tersebut akan memberikan notifikasi kalau sedang melakukan live streaming atau mengunggah video pendek," kata dia.

Dari situ, kita bisa mengetahui produk-produk baru yang ditawarkan, sampai bagaimana cara menggunakannya melalui live streaming.

2. Menonton lebih banyak video

Selain mengikuti brand yang memang sudah disukai, Dessey juga menyarankan kita untuk menonton lebih banyak video dari brand yang ada di TikTok Shop.

Baca juga: Ramai di TikTok, Apa Benar Air Beras Bisa Bikin Rambut Subur?

Hal ini tidak hanya memudahkan kita untuk mendapatkan produk yang diinginkan, namun juga bisa menjadi panduan untuk berbelanja produk dari brand lain yang belum banyak dikenal tetapi memiliki kualitas bagus.

"Banyak sekali brand yang mungkin belum dikenal tetapi punya barang yang tidak kalah berkualitas dan harga yang terjangkau," ujar Dessey.

"Jadi, sering menonton video di TikTok Shop bisa menambahkan kita lebih banyak refensi," tambah dia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com