Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Khasiat Madu Manuka, Termasuk Membantu Menyembuhkan Batuk Pilek

Kompas.com - 10/11/2022, 10:48 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sejak zaman dahulu kala, madu sudah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Pada abad ke-19, peneliti akhirnya menemukan bukti bahwa madu dapat melindungi tubuh dari bakteri.

Hingga sekarang, makanan manis yang dihasilkan oleh lebah ini, masih dipercaya untuk memberikan khasiat medis. Salah satunya madu manuka.

Madu manuka adalah madu yang berasal dari Australia dan juga Selandia Baru. Madu manuka diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga Leptospermum scoparium, dan dikenal juga dengan sebutan semak manuka.

Madu manuka seringkali dipercaya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagaimana penjelasannya?

Manfaat madu manuka sudah dibuktikan secara medis, oleh banyaknya penelitian. Selain itu, ada satu hal yang membedakan madu manuka dengan madu-madu lainnya, yakni kandungan zat aktif Methylglyoxal, yang berfungsi sebagai antibakteri.

Tidak hanya itu, madu manuka punya banyak manfaat karena bersifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Madu jenis ini dipercaya dapat mengatasi fibrosis kistik, kelainan bawaan yang merusak paru-paru, memengaruhi sistem pencernaan dan organ tubuh lainnya.

Kondisi ini berdampak pada sel penghasil lendir. Akibatnya, lendir yang berlebihan, menyumbat saluran udara, sehingga menghambat pernapasan.

Kondisi medis ini seringkali dikaitkan dengan infeksi saluran pernapasan atas, yang dapat disembuhkan dengan madu manuka.

Ada bukti yang memperlihatkan kemampuan madu manuka dalam menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas.

Selain itu, beberapa studi menyebutkan, madu manuka mampu mempercepat penyembuhan luka. Studi tersebut juga menunjukkan, madu manuka dapat melawan infeksi.

Para peneliti juga menemukan bahwa madu manuka memiliki manfaat untuk menghindari penyakit sistem pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS).

Sedangkan mereka yang mengalami radang tenggorokan, kerap disarankan mengonsumsi madu manuka. Alasannya, madu manuka memiliki antivirus dan antibakteri, yang bisa mengurangi peradangan serta melawan bakteri penyebab sakit pada tenggorokan.

Tidak hanya mengobati radang tenggorokan, madu manuka juga dipercaya bisa memberikan efek rileks pada tenggorokan.

Madu manuka juga diyakini bisa membantu mengatasi masalah jerawat, gangguan lambung, hingga digunakan dalam bahan-bahan perawatan kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com