Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Makanan Sehat untuk Jaga Kesehatan Wanita di Atas 40 Tahun

Kompas.com - 10/11/2022, 11:22 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber She Finds

KOMPAS.com - Tujuan terpenting dari pola makan sehat apa pun adalah untuk memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berkembang.

Dan seiring bertambahnya usia, nutrisi tertentu menjadi semakin penting bagi kesejahteraan para wanita.

Sebab, berbagai masalah kesehatan dapat muncul selama menopause seperti penambahan berat badan, osteoporosis, dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Untungnya, ada banyak cara untuk mencegah masalah-masalah ini, yang bisa dimulai dengan menambahkan beberapa makanan sehat ke dalam pola makan sehari-hari.

Baca juga: 4 Makanan Sehat yang Dapat Memperlambat Penuaan Otak

Selain menjaga kekebalan tubuh, beberapa makanan sehat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita yang berusia di atas 40 tahun.

Untuk menemukan beberapa pilihan terbaik, pakar kesehatan Megan Wong, RD di AlgaeCal dan Kristian Morey, RD, LDN, pun merekomendasikan tiga makanan sehat.

1. Sayuran silangan

Ilustrasi brokoli.PIXABAY/kgjerseth Ilustrasi brokoli.

Menurut Morey, meningkatkan asupan sayuran silangan seperti brokoli, kembang kol, kubis, kangkung, kale, bok choy, kubis brussel, dan banyak lagi, adalah cara yang bagus untuk mengatur hormon seiring bertambahnya usia, terutama ketika wanita memasuki masa menopause.

Dia menjelaskan bahwa sayuran ini memiliki senyawa yang disebut indole-3-carbinol, yang menghasilkan senyawa lain yang disebut Diindolylmethane (DIM) ketika dipecah.

Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Otak Anak, Bisa Pertajam Daya Ingat dan Fokus

"DIM mungkin memiliki beberapa manfaat yang menarik bagi wanita, karena dianggap membantu menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh dengan merangsang produksi bentuk estrogen yang lebih bermanfaat yang disebut 2-hydroxyestrone," katanya.

"Ini juga mengurangi efek dari bentuk estrogen lain yang disebut 16 alpha-hydroxyestrone, yang telah dikaitkan dengan penambahan berat badan dan peningkatan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan rahim," ungkap Morey.

Untungnya, sayuran ini bisa masuk ke dalam berbagai makanan. Jadi, cobalah memasukkannya ke dalam salad, sup, atau hidangan lainnya.

Baca juga: Popcorn, Makanan Sehat atau Tidak?

2. Prune

Ilustrasi buah plumtacstef Ilustrasi buah plum

Menurut Wong, prune atau buah plum yang dikeringkan mengemas banyak manfaat, terutama untuk wanita di atas 40 tahun.

Faktanya, dia mengatakan bahwa prune merupakan superfood yang sempurna untuk mempersiapkan tubuh wanita menghadapi menopause.

Halaman:
Sumber She Finds


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com