Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2022, 13:05 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengatasi perut buncit menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu caranya kita dapat menerapkan diet mediterania.

Diet mediterania dikatakan dapat bermanfaat dalam mencegah penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, peradangan pada organ hingga penyakit serius lainnya.

Sebagai bonusnya, penampilan dan tingkat kepercayaan diri kita juga akan meningkat ketika ukuran perut tak lagi membesar.

Mengapa diet yang populer di Italia dan Yunani ini efektif dalam mengatasi perut buncit? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Baca juga: Ternyata, Diet mediterania Bisa Bantu Atasi Depresi 

Mengatasi perut buncit dengan diet mediterania

Ilustrasi cara mengecilkan perut buncit pada wanitaPEXELS/Andres Ayrton Ilustrasi cara mengecilkan perut buncit pada wanita

Mengutip laman Eating Well, para ahli diet mengatakan, pola makan dengan nutrisi seimbang dapat menunjukkan hasil yang efektif, misalnya dengan mencoba diet mediterania.

Diet mediterania adalah pola makan yang menggabungkan rencana makan sehat dengan mengutamakan konsumsi makanan utuh dan bernutrisi tinggi.

Prioritas dari pola makan ini adalah asupan makanan yang mengandung sumber vitamin, mineral, karbohidrat kompleks serta kandungan antioksidan tinggi.

Di samping itu, beberapa makanan yang dikonsumsi juga bermanfaat dalam mengurangi lingkar pinggang dengan makanan "pembakar" lemak perut.

Makanan yang bisa mendorong pembakaran lemak lebih banyak dari diet mediterania adalah sebagai berikut:

  • Kacang-kacangan seperti lentil dan chickpeas
  • Aneka sayuran kaya serat
  • Biji-bijian utuh seperti quinoa, oatmeal, beras coklat, pasta dan roti gandum utuh
  • Ikan laut terutama ikan berlemak sehat dan tinggi protein seperti salmon, teri dan sarden
  • Lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat dan lain sebagainya

Baca juga: 5 Bahaya Perut Buncit yang Sering Diabaikan 

Berdasarkan sejumlah penelitian, rencana diet mediterania untuk mendapatkan perut rata adalah menggabungkan makanan pembakar lemak dengan jumlah kalori yang tidak lebih dari 1.200 kkal dalam sehari.

Jumlah asupan tersebut diyakini dapat mendorong penurunan berat badan yang lebih sehat sekitar 1 kilogram dalam satu minggu.

Namun jumlah kalori yang dibutuhkan sebetulnya juga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan masing-masing individu dengan rentang 1.500 -2.000 kkal per hari.

Meski dikatakan sebagai diet yang efektif untuk mengatasi perut buncit, tetapi ada faktor lain yang bisa menunjang efektivitasnya, seperti kualitas tidur, olahraga dan tingkat stres seseorang.

Baca juga: 3 Latihan Jalan Kaki untuk Kecilkan Perut Buncit 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com