Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2022, 06:21 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu cara untuk membasmi kutu busuk atau bed bugs adalah mengetahui tanda-tanda apabila serangga ini bersarang di rumah.

Kutu busuk adalah serangga parasit seukuran biji apel yang sering kali menggigit untuk menyedot darah manusia ketika tidur di malam hari.

Serangga tersebut bisa dikenali dari warna tubuhnya berwarna cokelat-kemerahan yang bergerak dengan cara merangkak dari satu tempat ke tempat lain.

Kutu busuk ada baiknya segera disingkirkan dari rumah karena serangga kecil ini bisa mengganggu kenyamanan penghuni rumah ketika tidur.

Gigitan kutu busuk sering kali menimbulkan ruam kemerahan sedikit gelap dan gatal-gatal di wajah, leher, serta lengan dengan pola bergaris atau berkelompok.

Baca juga: Bikin Gatal-gatal, dari Mana Kutu Busuk Berasal?

Tanda kutu busuk bersarang di rumah

Ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan penghuni rumah apabila kutu busuk telanjur masuk ke tempat tinggal mereka. Berikut di antaranya.

Ilustrasi furnitur bekas, penjualan furnitur bekas. SHUTTERSTOCK/SCO_BRA Ilustrasi furnitur bekas, penjualan furnitur bekas.

1. Periksa furnitur bekas

Khusus untuk penghuni rumah yang membeli furnitur bekas, seperti sofa, mereka disarankan untuk memperhatikan barang ini.

Pasalnya, kutu busuk bisa terbawa dari luar rumah ke dalam tempat tinggal mereka dan serangga ini mampu bereproduksi secara cepat.

Tanda kutu busuk bersembunyi di furnitur bekas adalah rasa gatal pada kulit apabila penghuni rumah menduduki, tidur di atasnya, atau bersentuhan.

Semakin cepat mereka menyadari tanda yang satu ini, keberadaan kutu busuk di rumah bisa disingkirkan secara cepat.

Perlu diketahui bahhwa kutu busuk bisa bersarang di rumah bukan karena bersih atau tidaknya rumah yang dihuni.

Baca juga: 11 Tempat Persembunyian Kutu Busuk yang Jarang Disadari

Pasalnya, kutu busuk bisa berkembang biak di rumah tanpa memerhatikan faktor kebersihan dan bisa menyebar di kasur, kamar hotel, apartemen, pakaian, koper, atau dompet.

2. Noda

Mengingat kutu busuk menyedot darah manusia dengan cara menggigit, serangga ini bisa meninggalkan noda pada kasur bila tertindih.

Noda pada kasur yang disebabkan oleh kutu busuk sering kali berupa bintik merah atau merah muda. Noda yang sama juga bisa membekas di seprai atau baju tidur.

Di samping itu, kutu busuk juga menyebabkan noda berwarna gelap pada kasur atau furnitur lain yang menandakan serangga ini berkumpul di tempat-tempat ini.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kutu Busuk Masuk Rumah

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com