Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Hama dan Masalah yang Sering Menyerang Calathea

Kompas.com - 11/11/2022, 16:28 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Calathea meupakan tanaman hias tropis dengan ciri khas memiliki daun berbentuk lonjong dengan pola unik yang hadir dalam berbagai warna, membuatnya menjadi salah satu tanaman hias yang paling disukai.

Sayangnya, tanaman hias yang juga dikenal dengan nama zebra plant ini bisa cukup sulit untuk dirawat.

Sebab, calathea merupakan tanaman tropis yang hanya bisa tumbuh dalam beberapa kondisi dan suhu tertentu, serta lebih menyukai lingkungan yang lembap.

Kondisi tumbuhnya calathea ini pula yang menyebabkan calathea rentan terkena hama tertentu.

Baca juga: Cara Menanam Calathea Mulai dari Bibit

Mengutip The Spruce, karena calathea lebih menyukai tumbuh di lingkungan yang lembap, calathea rentan terkena agas jamur, hama yang akan tumbuh suur di area lembap.

Namun tak perlu khawatir. Agas jamur umumnya tidak berbahaya atau mempengaruhi kesehatan tanaman, serta dapat diberantas dengan menggunakan minyak nimba.

Kutu daun, kutu putih (mealybug), tungau laba-laba (spider mites), dan scale juga menjadi hama lain yang sering menyerang calathea.

Biasanya hama-hama ini dapat diatasi dengan pemakaian minyak hortikultura atau sabun insektisida.

Masalah umum pada calathea

Selain rentan terserang hama, calathea juga bisa mengalami beberapa masalah saat dirawat di tempat yang kurang memenuhi kondisi area yang diinginkannya.

Berikut beberapa masalah umum yang biasa menyerang calathea.

  • Tepi daun yang berubah warna menjadi coklat

Jika melihat tepi daun calathea menjadi layu atau berubah kecoklatan, itu pertanda bahwa kita harus lebih sering menyiramnya.

Lalu jika tanah terasa kering saat kita mencoa memasukkan jari ke dalamnya sejauh beberapa cm, beri tanaman sedikit air.

  • Daun menguning

Masalah yang biasa menimpa calathea berikutnya adalah daun menguning. Ini karena calathea rupanya cukup pemilih soal jenis air yang digunakan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merawat Tanaman Hias Calathea

Calathea sangat sensitif terhadap beberapa mineral yang biasa ada dalam air keran. Akibatnya, daun calathea pun akan menguning.

Untuk menghindarinya, siram calathea dengan air yang telah disaring, air hujan, atau air keran yang telah didiamkan semalaman sehingga klorin atau fluorida di dalamnya menguap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com