Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Permainan yang Bisa Membangun Bonding Anak dan Orangtua

Kompas.com - 13/11/2022, 14:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bonding atau ikatan emosional antara anak dan orangtua sebenarnya bisa terjalin melalui aktivitas bermain.

Menurut psikolog klinis Tiga Generasi, Evryanti Putri, orangtua perlu menghabiskan waktu setidaknya 30 menit hingga satu jam bermain dengan anak setiap harinya untuk membangun bonding.

"Bermain tidak hanya bisa meningkatkan tumbuh kembang anak, tetapi juga bonding yang kuat dengan orangtua.

Begitu penuturan Evryanti dalam acara media gathering Early Learning Centre (ELC) di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

"Ketika orangtua benar-benar hadir untuk bekerja sama membantu anak dalam sebuah permainan, itu akan menciptakan memori positif yang membuatnya senang dan otomatis membentuk kelekatan secara emosional dengan si kecil," ungkap dia.

Oleh sebab itu, meluangkan waktu bermain bersama dan juga memilih jenis mainan yang sesuai dengan usia anak bisa sangat membantu meningkatkan ikatan emosional antara anak dan orangtua.

Rekomendasi permainan

Evryanti pun merekomendasikan beberapa permainan yang dapat dimainkan bersama oleh anak dan orangtua untuk meningkatkan bonding sebagai berikut:

• Mainan edukasi

Setiap anak memang memiliki preferensi mainannya masing-masing. Namun, menurut Evryanti, mainan edukasi sangat baik dalam mengasah perkembangan dan kemampuan anak.

"Misalnya, untuk anak usia bayi sampai balita bisa diberikan mainan yang dapat merangsang sensorinya," ungkap Evryanti.

"Dalam hal ini orangtua bisa terlibat untuk ikut bermain dan ada interaksi agar anak tahu bahwa orangtua merespons kebutuhannya saat bermain," jelas dia.

• Aktivitas menarik di luar rumah

Anak-anak yang sudah cukup besar biasanya memiliki ketertarikan yang lebih besar dalam hal bermain.

"Selain mencoba bermain peran, orangtua juga bisa mengajak anak untuk melakukan permainan di luar rumah seperti ikut kegiatan outbound, lari-larian, dan mungkin bersepeda bersama," kata Evryanti.

"Di samping itu, aktivitas outdoor yang menantang juga bisa meningkatkan kepercayaan diri anak untuk bisa melakukan berbagai hal baru. Jangan lupa orangtua agar memberikan apresiasi jika anak berhasil menyelesaikan tantangan," sambung dia.

Early Learning Centre menghadirkan 50 pilihan mainan terbaik untuk menemani liburan akhir tahun ini, yang mengusung tema ?Enjoy The Play in This Season of Wonder?.Early Learning Centre Early Learning Centre menghadirkan 50 pilihan mainan terbaik untuk menemani liburan akhir tahun ini, yang mengusung tema ?Enjoy The Play in This Season of Wonder?.
Mainan terbaru ELC

Untuk menemani liburan akhir tahun, ELC pun mengusung tema "Enjoy The Play in This Season of Wonder" dengan menghadirkan 50 pilihan mainan terbaik mulai dari:

• Koleksi boneka B Friends yang cocok dimainkan untuk anak-anak mulai usia 3 tahun ke atas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com