Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Manfaat Mendongeng bagi Anak dan Orangtua

Kompas.com - 15/11/2022, 17:42 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Dongeng adalah sarana yang bisa digunakan orangtua untuk mendidik anak dengan cara yang menghibur. Melalui dongeng, anak akan disuguhkan cerita menarik yang mempunyai pesan moral.

Salah satunya kisah Amanda dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua bersama Nusantara Bertutur episode “Cerita Membuat Pupuk Kompos” yang dapat diakses melalui tautan dik.si/DopingPupukKompos.

Diceritakan Amanda membantu ibunya untuk membersihkan kulkas dan menemukan sisa buah dan sayur yang sudah membusuk. Kira-kira, apa, ya, yang bisa Amanda dan ibunya buat dari buah dan sayur yang membusuk?

Selain mengajarkan untuk memanfaatkan bahan-bahan sisa, dongeng juga mempunyai manfaat lain. Berikut adalah manfaat dongeng yang bisa dirasakan oleh orangtua dan anak.

1. Eratkan Hubungan Orangtua dan Anak

Melalui dongeng, hubungan orangtua dan anak akan terjalin harmonis. Hal ini disebabkan adanya waktu berkualitas yang disisihkan saat orangtua membacakan dongeng kepada anak-anak mereka.

Baca juga: Bahaya Menakuti Anak dengan Kisah Horor Saat Kecil

Pada waktu itu pula, terjalin komunikasi dan diskusi yang mampu menambah erat hubungan keluarga. Jika orangtua mampu menanggapi pertanyaan anak dengan asertif, anak pun jadi tak sungkan menceritakan keluh kesahnya.

Sementara itu, komunikasi merupakan salah satu masalah yang kerap menimpa anak dan orangtua karena kerap diremehkan.

2. Sarana Pembelajaran pada Anak

Dongeng merupakan cerita fiksi yang menunjukkan masalah-masalah di kehidupan nyata. Melalui dongeng, anak-anak bisa belajar mengenal beragam masalah yang disajikan. Selain itu, tokohnya yang beragam pun membuat anak beragam watak atau sifat manusia.

Melalui karakter di dalam cerita, anak-anak jadi lebih mengenal manusia di luar sana. Anak juga dapat mempertimbangkan apa yang dilakukan jika berada di posisi mereka.

Tak hanya itu, dongeng juga sering kali berasal dari wilayah yang berbeda. Misalnya, ketika orangtua membacakan anak kisah Aladdin, artinya anak sekaligus belajar budaya Timur Tengah. Hal ini nantinya berguna untuk membangun pengetahuan anak kalau ada banyak budaya di luar negaranya dan harus saling menghormati.

3. Dongeng Mengajarkan Cerita

Sama seperti cerita fiksi lainnya, dongeng memiliki struktur berupa latar, karakter, dan alur (permulaan, klimaks, dan resolusi). Melalui dongeng, anak jadi paham dan lebih dulu mengenal struktur cerita.

Begitu mereka memahami struktur cerita, hal ini bisa meningkatkan kemampuan literasinya dalam memahami cerita lain yang akan dia baca. Bahkan, dongeng juga bisa menumbuhkan rasa cinta anak untuk membaca.

4. Dongeng Mengembangkan Imajinasi Anak

Sesuatu yang fiksi pasti memiliki sifat imajinatif dan penuh fantasi. Begitu pula dengan dongeng. Jika anak sering dibacakan dongeng, kemampuan berimajinasi mereka pun meningkat.

Kemampuan ini bisa membuat anak berpikir lebih praktis dan taktis ke depannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com