Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Ibu Bijak Pilih Informasi Seputar Parenting

Kompas.com - 16/11/2022, 09:45 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Walau sudah menyandang peran ibu, namun seorang perempuan tak boleh berhenti mengedukasi diri. Media sosial, situs berita, atau televisi, bisa menjadi sarana bagi ibu untuk terus mengikut perkembangan zaman dan juga informasi seputar parenting dan tumbuh kembang anak.

Namun, kita tak boleh gagap teknologi dan mudah percaya begitu saja pada gempuran informasi yang ditampilkan di internet.

Psikolog Saskhya Aulia Prima, M.Psi, mengatakan, menjadi ibu pintar di masa kini memang kompleks dan lebih menantang.

“Untuk terus menjadi ibu yang lebih baik ibu harus berpikir jernih agar dapat fokus memilah informasi terbaik yang cocok sesuai kebutuhan mereka,” ujarnya melalui siaran pers yang dikirimkan oleh Pigeon Indonesia.

Baca juga: Menerapkan Pola Asuh Permisif pada Anak, Apa Dampaknya Saat Dewasa?

Istilah Smart Mom (ibu pintar) banyak digunakan untuk menyebut sosok ibu masa kini yang aktif mencari informasi seputar parenting dan tumbuh kembang anak.

Seiring membanjirnya informasi digital, smart mom menjadi istilah bagi para ibu yang pandai memilah jutaan informasi di genggaman demi efisiensi tugas sebagai ibu sehari-hari.

Tak dimungkiri, sejak awal kehamilan, serbuan informasi sudah hadir, mulai dari lingkungan sekitar hingga dunia digital, termasuk media sosial.

“Hal inilah yang mendorong para ibu agar pintar dan bijak dalam menyaring informasi, sehingga apapun pilihannya tetap menjadi acuan untuk menjalankan tugas ibu lebih efisien,” ujar psikolog dari lembaga Tiga Generasi ini.

Saat harus memilih di antara begitu banyak pilihan, pengambilan keputusan biasanya melibatkan campuran intuisi dan pemikiran rasional; faktor kritis, termasuk bias pribadi yang kerap tidak disadari, sehingga membuat pengambilan keputusan sulit dilakukan.

Baca juga: Ibu, Lakukan Berbagai Langkah Ini Kala Mengalami Burnout

Ada sejumlah faktor yang membatasi kemampuan untuk membuat keputusan yang baik termasuk informasi yang hilang atau tidak lengkap, tenggat waktu yang mendesak, dan sumber daya fisik atau emosional yang terbatas.

“Kabar baiknya, ada langkah-langkah untuk memastikan bahwa orang membuat pilihan yang sangat baik secara konsisten, termasuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, mempertimbangkan semua alternatif yang mungkin, dan meluangkan waktu untuk mengambil keputusan yang dirasa lebih berat,” ujar Saskhya.

Kemampuan untuk berpikir jernih juga sangat penting dimiliki.

“Karena hanya dengan kejernihan pikiran inilah tugas sebagai seorang ibu untuk menjaga dan mencintai keluarga akan tercapai dengan lebih mudah dan efisien,” tuturnya.

Baca juga: 8 Tanda Orangtua Menerapkan Tiger Parenting kepada Anak

Untuk mendukung peran ibu dalam memberikan yang terbaik dalam memilih perlengkapan bayi, Pigeon meluncurkan botol susu dengan inovasi bahan T-Ester yang terbukti lebih tahan paparan sinar UV sehingga tak gampang kusam dan jernih lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com