Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

10 Tips Hadapi Ketakutan saat Coba Hal Baru

Kompas.com - 23/11/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Akan ada pertama kalinya untuk apa pun yang kamu pilih untuk dilakukan dalam hidup.

Belajar mengendarai motor dan mobil, berkuliah, wawancara kerja, bekerja, dan lain sebagainya. Wajar jika terkadang kita merasa takut untuk memulai dan menghadapinya.

Banni dan Anya dalam siniar Kosan HAI episode “Semua Tentang Pertama Kali” bercerita tentang pengalaman pertama kali mereka dalam segala hal, yang dapat diakses melalui dik.si/KosanHAIE8.

Keduanya bercerita tentang segala hal pertama kali yang setiap orang pernah lalui, termasuk pertama kalinya pacaran, kencan, dan banyak hal lainnya. Dan seseorang pasti juga pernah merasa nervous saat menghadapinya pertama kali.

Perasaan nervous itulah yang bisa membuat seseorang menjadi takut menghadapi. Takut jika hasilnya tidak sesuai ekspektasi, takut gagal, takut mendapatkan hasil yang buruk. Untuk itu, kita harus menghadapi ketakutan tersebut.

Melansir dari situs NHS Inform, ini dia tips untuk kamu untuk menghadapi rasa takut.

1. Beristirahat Sejenak

Jika kita sedang merasa takut dan cemas, kita tidak akan bisa untuk berpikir jernih dan positif. Hal pertama yang harus dilakukan adalah meluangkan waktu agar kamu tetap bisa tenang secara fisik.

Baca juga: Tips Memilih Kos yang Nyaman agar Lebih Betah

Kamu bisa mengalihkan perhatian dari kekhawatiran selama 15 menit dengan berjalan-jalan di sekitar rumah, membuat secangkir teh, menonton film, mendengarkan musik, atau mandi.

2. Mengatur Napas

Jika kamu merasakan detak jantung lebih cepat berdetak atau telapak tangan berkeringat, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah tidak melawannya.

Tetaplah di tempat kamu berada dan rasakan kepanikan tanpa mencoba mengalihkan perhatian. Letakkan telapak tangan di atas perut dan bernapas perlahan dan dalam.

Tujuannya adalah untuk membantu pikiran terbiasa menghadapi kepanikan, yang menghilangkan perasaan takut.

3. Hadapi Ketakutanmu

Menghindari rasa takut hanya membuatnya menjadi lebih menakutkan.

Apa pun ketakutanmu, jika kamu bisa menghadapinya, itu lebih cepat memudar dan hilang. Jika suatu hari kamu panik naik lift, misalnya, sebaiknya kembali naik lift keesokan harinya dan hadapi ketakutanmu.

4. Bayangkan yang Terburuk

Coba bayangkan hal terburuk yang bisa terjadi. Terkadang, ketakutan akan lari semakin kamu mengejarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com