Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 14:32 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Ambeien atau hemorrhoid adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum di bagian bawah yang umumnya tak berbahaya, namun bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman, gatal, dan pendarahan.

Pendarahan dan rasa nyeri karena ambeien sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ada beberapa obat yang diyakini dapat meringankan gejalanya dan mempercepat penyembuhannya, baik obat yang dijual di pasaran maupun alami, seperti tea tree oil.

Dilansir dari Healthline, tea tree oil kaya akan berbagai kandungan yang dapat membantu mengatasi ambeien.

Misalnya saja, tea tree oil kaya akan kandungan anti radang yang dapat mengurangi radang dan pembengkakkan.

Lalu, kandungan antiseptik dalam tea tree oil juga dapat mengurangi gejala ambeien, seperti gatal, nyeri, dan rasa tidak nyaman, apalagi jika dikombinasikan dengan bahan alami menenangkan, seperti witch hazel atau lidah buaya.

Selain itu, tea tree oil memilliki sifat antimikroba dan antibakteri yang dapat membantu menjaga kebersihan area anus dan mencegah infeksi jika terjadi perdarahan, iritasi, atau luka kecil.

Manfaat tea tree oil untuk ambeien ini pun telah dibuktikan oleh sebuah studi, yang menemukan bahwa sebuah gel yang dibuat dari tea tree oil dan dan asam hialuronat efektif dan aman untuk mengobati ambeien.

Baca juga: Serba-serbi Ambeien, Mulai dari Penyebab hingga Pencegahannya

Cara menggunakan tea tree oil untuk mengatasi ambeien

Ilustrasi tea tree oil Amy_Lv Ilustrasi tea tree oil
Ada beberapa cara menggunakan tea tree oil untuk mengatasi ambeien. Namun perlu diingat, tea tree oil tidak boleh diminum, karena dapat menjadi racun, dan hanya bisa dipakai secara topikal.

Jadi, kita bisa menggunakan tea tree oil encer yang lebih ringan dan aman bagi kulit dibanding minyak esensial dengan cara mencampurkannya dengan beberapa bahan berikut guna mengurangi dampak negatifnya

Dengan minyak kelapa

  • Campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan satu sendok makan minyak kelapa untuk mendapatkan manfaat anti-radang yang kuat.
  • Aplikasikan langsung ke area yang terdampak dengan cotton bud atau kapas.

Dengan minyak jarakdan witch hazel atau lidah buaya

  • Campur beberapa tetes tea tree oil dengan satu sendok makan minyak jarak dan satu sendok teh witch hazel atau lidah buaya, aduk.
  • Langsung aplikasikan ke area yang terdampak ambeien secara langsung.

Dengan air hangat

  • Campurkan tea tree oil langsung ke air hangat untuk membuat sitz bath (terapi air hangat). Air akan mencegah efek ea tree oil menjadi terlalu kuat.

Baca juga: Selain Melawan Jerawat, Apa Saja Manfaat Tea Tree Oil?

Efek samping dan risiko penggunanaan tea tree oil

Meski dianggap aman, tea tree oil tetap merupakan bahan alami yang cukup kuat, sehingga dapat menyebabkan iritasi jika tidak diencerkan terlebih dahulu.

Selain itu, tea tree oil juga dapat membuat kulit kering, sehingga sebaiknya kita tidak menggunakannya terlalu sering.

Lalu bagi beberapa orang, tea tree oil dapat menyebabkan pembengkakkan akibat iritasi, yang justru memperparah gejala ambeien.

Selain itu, tea tree oil yang dicampur dengan lavender kemungkinan dapat mengandung hormon yang akan mengganggu keseimbangan hormon anak laki-laki yang sedang berada di masa pubertas. Namun, masih belum diketahui apakah tea tree oil aman digunakan untuk anak perempuan atau tidak.

Baca juga: Khasiat Daun Ungu untuk Obat Ambeien

Kapan harus diperiksakan ke dokter?

Salah satu gejala ambeien adalah pendarahan. Jadi jika kita menduga bahwa ambeien adalah penyebabnya, segera periksakan ke dokter untuk melihat apakah pendarahan tersebut merupakan ambeien atau penyakit yang lebih serius, seperti kanker usus besar.

Kita juga perlu memeriksakan diri ke dokter jika ambeien tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi obat atau menjalani pengobatan tertentu.

Terakhir, jika mengalami gejala seperti pendarahan berlebih, kepala pusing, atau sering pingsan, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com